Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Disdikpora Kudus Buka Suara soal Surat Edaran Vaksinasi Pelajar

Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada.(MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Harjuna Widada buka suara terkait surat edaran pemberitahuan vaksinasi pelajar yang dikeluarkannya pada Senin (13/9/2021).

Menurutnya, surat edaran tersebut bertujuan untuk membantu menyebarkan informasi adanya vaksinasi yang diadakan PT Djarum dan menyasar kepada siswa SMP, SMA, dan SMK.

“Perwakilan Djarum itu datang memberikan informasi itu, kami sifatnya membantu menginformasikanya. Karena ada vaksin itu kan bagus, kami juga senang siswa bisa divaksin,” katanya, Rabu (15/9/2021).

Disdikpora juga sempat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) tentang adanya vaksinasi tersebut. Menurut dia, DKK juga membenarkan bahwa biasanya Djarum mendapatkan alokasi vaksin tersendiri dari pusat.

“Waktu pelaksanaanya juga informasi dari Djarum, mulai 20 September-22 Oktober 2021. Kami harap ya bisa tepat waktu, agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) penuh bisa segera dimulai. Kalau memang diundur itu kebijakan dari penyelenggara,” jelasnya.

Baca: Kadisdikpora Kudus Keluarkan Edaran soal Vaksinasi Pelajar

Meski demikian, pihaknya belum mengetahui jika ada pengelola lokasi vaksin tersebut yang belum mendapatkan pemberitahuan. Sebab, informasi lokasi dalam surat edaran tersebut didapatkannya dari perwakilan Djarum.

“Informasinya itu jadi satu, baik tanggal atau lokasi vaksinasi SMP, SMA, dan SMK di lima titik yang bebas milih lewat aplikasi Halodoc. Karena informasinya SMK Wiskar itu juga sudah dikasih tahu, berarti kan semuanya (menurut kami, red) sudah dikasih tahu. Kalau belum (dikoordinasikan, red) kami baru tahu ini, karena kami sifatnya menyampaikan,”ucapnya.

Baca: Klinik Sukun Juga Tak Tahu Akan Ada Vaksinasi Pelajar di Tempatnya

Menurutnya setelah dikeluarkannya surat edaran tersebut, dari dinas juga mengeluarkan link untuk melakukan pendataan terhadap siswa yang akan divaksin. Siswa yang akan mengikuti vaksin bisa mengisi data di link pendataan melalui link bit.ly/vaksinsmpkudus.

“Kalau pendaftatan kami tetap mengikuti pemberitahuan Djarum lewat Halodoc. Kami buat link itu, cuma untuk mempermudah pendataan,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan jika ada lima lokasi vaksinasi pelajar, yakni Gor Djarum, UMK, Eks Radio Manggala (Selatan Menara Kudus), SMK Wisuda Karya (Wiskar), dan Klinik Sukun Group.

Namun Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) sebagai pengelola eks-Radio Manggala, dan Klinik Sukun belum mengetahui jika lokasinya menjadi tempat vaksinasi pelajar.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...