Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

SD Terban 1 Juga Rusak, DPRD Kudus Usul Diperbaiki Pakai Dana TT

Pimpinan DPRD Kudus memantau kerusakan di SD 1 Terban. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Tiga pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus mendatangi sejumlah sekolah rusak di di Kota Kretek, Rabu (15/9/2021). Salah satunya adalah SD 1 Terban, yang ternyata sudah mengalami kerusakan cukup lama.

Tiga Wakil Ketua DPRD itu yakni Ilwani, Sulistyo Utomo dan Tri Erna Sulistyawati. Mereka mendesak, eksekutif atau pemerintah daerah untuk segera mencarikan anggaran guna perbaikan sejumlah sekolah rusak tersebut.

Alasannya, adalah sudah sangat mendesak karena sudah dimulainya pembelajaran tatap muka di berbagai jenjang di Kabupaten Kudus, termasuk salah satunya di jenjang sekolah dasar (SD).

“Ini tidak bisa terus dibiarkan, pemerintah harus punya solusi jangka pendek dan jangka panjangnya. Jangan terus dibiarkan seperti di SD 1 Terban ini,” kata Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani saat meninjau kerusakan di SD 1 Terban.

Alasan pimpinan DPRD ke SD tersebut sendiri, terbilang cukup riskan. Pasalnya sekolah tersebut sudah hampir setahun ini rusak dan sama sekali belum mendapat perhatian dari dinas terkait. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora).

“Kalau bisa itu coba gunakan Dana Tak Terduga (TT) , kerusakan-kerusakan ini kan juga karena bencana alam angin ribut, jadi bisa itu dipakai,” kata dia.

Baca: Sudah Berbulan-bulan Atap Dua Kelas di SD 4 Prambatan Kidul Kudus Ambruk

Senada, Wakil Ketua DPRD Kudus Sulistyo Utomo mengatakan jika pemkab bisa saja menggunakan anggaran dari dana TT untuk pembangunan sekolah-sekolah rusak. Sehingga tidak perlu menunggu anggaran tahun depan bila di anggaran perubahan tak mencukupi.

“Ini masalahnya sudah lama tapi masih belum juga terselesaikan, sudah hampir setahun seperti ini kok belum dapat perhatian juga,” tegasnya.

Sampai saat ini, baru empat SD rusak yang menjadi perhatian Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus yakni SD 4 Prambatan Kidul, SD 3 Bakalan Krapyak, SD Payaman dan SD 1 Garung Lor.

Baca: Soal SD Rusak, Ketua DPRD Kudus Marah ke Diskdikpora

Dari empat SD rusak ini baru direncanakan perbaikan untuk tiga sekolah. Dana yang disiapkan Rp 450 juta akan diusulkan melalui Perubahan APBD 2021.

“Kami minta dinas terkait untuk lebih sering melakukan pendataan lapangan sehingga sekolah-sekolah di daerah pinggiran yang mengalami kerusakan juga bisa ikut terdata dan bisa diusulkan perbaikannya,” ucap pimpinan DPRD Kudus lainnya Tri Erna Sulistyawati.

Komite sekolah SD 1 Terban Supeno mengatakan, kerusakan SD 1 Terban sebenarnya sudah terjadi hampir setahun ini. Pihak komite juga telah merapatkan kemudian menyampaikannya ke dinas setempat.

Namun, belum ada balasan maupun atensi dari pihak dinas. “Kami harapkan ini bisa segera dibangun, karena ini sudah masuk musim penghujan juga, jadi kami harap bisa segera ada perbaikan,” tandasnya.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...