Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hindari Korban saat Kebakaran, Lapas Semarang Gelar Simulasi dan Pelatihan Pemadaman Api

Petugas Lapas Semarang saat mengikuti pelatihan pemadaman api. (Lapas Semarang)

MURIANEWS, Semarang – Lapas Semarang menggelar simulasi dan pelatihan pemadaman kebakaran di dalam lapas, Rabu (15/9/2021). Upaya itu sebagai langkah antisipasi jika terjadi kebakaran layaknya di Lapas Tangerang yang menyebabkan 44 orang meninggal dunia.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto mengatakan, pelatihan kebakaran ini juga dimaksudkan untuk melatih petugas guna meminimalisir korban meninggal dunia akibat kebakaran di dalam lapas.

“Petugas Lapas Semarang mendapat teknik dan ilmu memadamkan api apabila terjadi kebakaran di Lapas Semarang, ” jelasnya.

Dengan mendapat pengarahan instruktur dari Petugas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Pos Gunungpati, petugas lapas memempraktikkan langsung di lapangan Lapas, mulai cara memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan karung goni.

“Pelatihan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama, tapi karena padatnya kegiatan hari ini dipercepat untuk di lakukan,” imbuhnya.

Eko, salah satu petugas Lapas Semarang bersyukur mendapatkan pelatihan penggunaan alat pemadam kebakaran ini.

Alhamdulillah kami menjadi tambah pengetahuan dalam hal keterampilan praktis dan taktis. Selain itu juga kita paham cara perawatan APAR, tidak hanya sekedar di pajang di dinding saja,” terangnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...