Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPRD Pati Deadline BRI Tuntaskan Penyaluran Bansos dalam Sebulan

Ali Badruddin (tengah) saat memanggil pihak BRI dan Dinsos (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – DPRD Kabupaten Pati kembali memberikan peringatan kepada BRI dan Dinas Sosial (Dinsos) setempat terkait masih belum tersalurkannya bantuan sosial (bansos) dari Januari-Agustus. Mereka memberi waktu sebulan, terhitung mulai Selasa (14/9/2021), semua bantuan itu harus sudah tersalurkan.

Hal itu mengingat keluarga penerima Manfaat (KPM) sudah sangat membutuhkan. Apalagi, setelah dilakukan pengecekan, rupanya yang belum tersalurkan adalah selama delapan bulan.

“Ini hak rakyat, harus segera disalurkan. Jangan sampai KPM ini tidak mendapatkan haknya. Kasihan mereka. Kami kasih waktu satu bulan untuk menyelesaikan itu,” katanya, Rabu (15/9/2021).

Dia menilai, belum disalurkannya bansos tersebut merupakan keteledoran dari kedua belah pihak, yakni dari BRI dan Dinsos.

Menurutnya, jika terjadi perselisihan data, seharusnya sejak awal hal itu bisa diselesaikan, tidak perlu menunggu hingga harus dipanggil wakil rakyat terlebih dahulu.

“Kalau sejak awal diselesaikan, ada data bermasalah langsung dikoordinasikan, tentunya tidak akan seperti ini. Uang yang ada di BRI saja sampai Rp 10,6 miliar. Lalu uang ini mau dikemanakan? padahal itu hak KPM,” tegasnya.

Baca: Bansos Januari-Agustus Ada yang Belum Cair, DPRD Pati Berang

Dia juga mengaku mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat terkait penyaluran bansos ini. Bahkan ada yang curiga dengan banyaknya KPM yang bantuannya belum diberikan. Karena itulah pihaknya meminta kepada bank penyalur untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

“Kalau delapan bulan terhitung dari Januari-Agustus belum terselesaikan, nantinya bulan depan juga seperti itu lagi. Ini harus segera disikapi, kalau selama sebulan belum ada perubahan atau penyaluran, kami akan bertindak tegas,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...