Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sebelas Ribu Lebih Siswa SMP di Jepara Sudah tervaksin Covid-19

Pelajar MTs di Jepara sedang disuntik vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pembentukan herd immunity atau kekebalan komunal di lingkungan sekolah terus digalakkan. Di Jepara, lebih dari 11.500 siswa SMP tercatat sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama.

Sejak kali pertama pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melangsungkan vaksinasi Covid-19. Belasan ribu vaksin digelontorkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) untuk serbuan vaksinasi di sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, Agus Tri Harjono, menyebut sudah ada 11.500 lebih siswa SMP yang tervaksin. Rinciannya, sebanyak 9.500 siswa SMP dan 2000 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs).

“Sementara masih kami prioritaskan yang SMP dulu. Dari 33 ribu siswa, yang sudah tervaksin 9.500-an. Untuk dosis pertama,” kata Agus, Rabu (15/9/2021).

Baca: Tiga Pekan Berjalan, Sekolah Tatap Muka di Jepara Dievaluasi

Agus menyampaikan, capaian vaksinasi di sekolah itu bergantung dengan dropping vaksin dari DKK kepada sektor pendidikan. Meski demikian, sebagian siswa juga sudah tervaksin tetapi tidak di sekolah. Melainkan di gerai-gerai vaksinasi di tempat lain.

“Kalau ada dropping, nanti kita vaksinasi lagi. Sambil menunggu dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” jelas Agus.

Diketahui, stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Jepara masih cukup melimpah. Hingga kemarin, stok vaksin masih ada lebih dari 90 ribu dosis.

Rinciannya, sisa vaksin Sinovac (MDV) masih ada 62,243 dosis, Astra Zeneca masih sebanyak 8,887 dosis, vaksin Moderna masih tersedia 20,219 dosis, dan vaksin Sinopharm (single dose) tersisa 685 dosis.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...