Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada Lambang Cakra di Situs Watu Payon Pati, Bukti Pengaruh Hindu?

Tim Balai Arkeologi Yogyakarta melakukan observasi di Watu Payon. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Situs Watu Payon yang berada di Puncak Termulus Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu mengundang banyak perhatian. Diduga, situs tersebut mempunyai pengaruh terhadap persebaran agama Hindu di wilayah tersebut.

Bahkan dari Balai Arkeologi Yogyakarta secara langsung melakukan observasi Watu Payung itu dan ditemukan relief lambang cakra yang mengindikasikan pengaruh Hindu.

Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Pati Ragil Haryo mengatakan, observasi ini dipimpin oleh Hery Priswanto dari Balai Arkeologi Yogyakarta. Kegiatan observasi dibantu kelompok pemuda setempat, dan juga kelompok pegiat alam di Bumi Mina Tani.

“Temuan ini sangat unik, untuk kawasan Muria. Berbeda dari temuan yang lain yang berupa punden berundak maupun candi,” katanya, Selasa (14/9/2021).

Yang menjadi fokus perhatian dalam observasi ini memang ditemukannya relief lambang cakra yang berada di bawah Watu Payon. Penemuan itu pun sebelumnya tidak diketahui oleh warga setempat.

“Perlu perhatian yang serius dari semua pihak untuk menjaga dan melestarikan benda yang bisa menjadi aset kekayaan Kabupaten Pati ini. Terutama menyelamatkan dari hal-hal yang bisa merusak dan menghilangkannya,” ujarnya.

Sebelumnya, situs ini pernah menjadi sasaran vandalisme, dengan mengecat seluruh bagian bangunan tersebut. Hal ini mengundang keprihatinan banyak kalangan. Diduga hal ini karena masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang benda-benda cagar budaya.

Tim dari Balar Yogyakarta tersebut, akan berada di Pati sampai 19 September mendatang. Rencananya untuk melakukan riset dan pendataan terhadap beberapa benda atau bangunan lain yang diduga masuk dalam cagar budaya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...