Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dalang Cilik Ramaikan Pentas Wayang Kulit Virtual Sambut HUT Kudus

Pementasan wayang kulit di Taman Budaya Kudus yang ditayangkan secara virtual melaui akun Youtube Disbudpar Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pementasan wayang kulit virtual untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kudus ke-42 digelar di Taman Budaya Kudus, Selasa (14/9/2021). Pentas yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bersama Sanggar Widada Laras itu ditayangkan di akun Youtube Disbudpar Kudus.

Bambang Widiharto, Kasi Sentradasa Disbudpar Kudus mengatakan, pementasan wayang kulit tersebut digelar dengan durasi waktu tiga jam. Ada dua dalang dengan jenjang usia berbeda yang tampil dalam pementasan wayang kulit tersebut.

“Dalang cilik Jadug Wisnu Satata (13) dan dalang remaja Agung Prabowo (26) memainkan lakon Gatotkaca Winisuda atau Gatotkaca Jadi Ratu. Mereka berdua binaan dari Disbudpar dan Sanggar Widada Laras,” katanya (14/9/2021).

Ia menjelaskan, pementasan wayang virtual dengan dalang cilik dan remaja itu menjadi salah satu cara untuk tatap melestarikan seni wayah kulit yang ada di Kota Kretek. Sehingga, generasi muda akan termotivasi dan bisa menjadi regenerasi dalang di masa yang akan datang.

“Upaya kami untuk melestarikan seni wayang kulit dengan pembinaan kepeda generasi muda, terutama bidang pendalangan wayang,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyebut, saat ini sudah ada lima dalang cilik yang berada di bawah bimbingan Disbudpar dan Sanggar Widada Laras. Mereka berasal dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

“Karena minat mereka tinggi, akhirnya kami bina di Sanggar Widada Laras,” pungkasnya.

Diketahui, menyambut HUT Kudus ke-472 Disbudpar Kudus telah menyusun skema pementasan sejumlah kesenian yang akan digelar secara virtual. Mulai dari wayang, barongan, reog hingga seni tari akan turut memeriahkan HUT Kudus yang tahun ini digelar secara terbatas.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...