Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mau Bikin Paspor? Imigrasi Semarang Lagi Ngantor di Kudus Lho

Salah seorang warga Kudus tengah memanfaatkan layanan Imigrasi di Disdukcapil Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Imigrasi Kelas-I Semarang berkantor di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kudus selama dua hari ke depan terhitung, Selasa (14/9/2021) hingga Rabu (15/9/2021) besok.

Hal tersebut dilakukan, untuk mempermudah masyarakat Kudus yang ingin membuat maupun memperpanjang masa paspornya. Pelayanan tersebut, bisa dijumpai di lantai 1 Gedung Disdukcapil Kudus.

Kepala Subseksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi kelas-I Semarang Febrian mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan tersebut selama dua hari saja. Pasalnya, pihak Imigrasi akan berkeliling membuka pelayanan yang sama di wilayah kerjanya secara bergiliran.

“Jadi ini merupakan salah satu inovasi kami dalam hal pelayanan, terlebih di Kabupaten Kudus sendiri permohonan paspor per harinya bisa dibilang sangat banyak, bisa sampai 150-an,” katanya.

Febri mengatakan, masyarakat yang ingin membuat paspor baru dipersilahkan untuk datang langsung ke ruangan yang telah disediakan Disdukcapil Kudus. Dengan membawa persyaratan seperti KK, KTP,dan akta kelahiran.

“Di sini akan kami layani perekaman dan wawancaranya, nanti ketika sudah jadi akan dikonfirmasi dari kami,” sambung dia.

Pengambilan paspornya, kata Febri, bisa ditempuh dengan dua cara. Yakni dengan datang langsung ke Kantor Imigrasi di Semarang, atau dengan aplikasi Si Semar Paten milik Imigrasi Semarang.

“Ketika melalui aplikasi, nanti fisik paspornya akan dikirim via Pos dari kami,” jelas dia.

Kepala Dinas Dukcapil Kudus Eko Hari DJatmiko menyambut baik kerja sama tersebut. Kerja sama seperti ini, kata dia, merupakan langkah yang bagus dalam memudahkan masyarakat mengurus dokumen paspor.

Data dari Disdukcapil sendiri, memang banyak warga Kudus yang bekerja maupun menempuh studi di luar negeri. Sehingga pelayanan seperti ini sangat bisa dimanfaatkan oleh warga Kudus.

“Dari Dinas Dukcapil menyediakan tempatnya, dari Imigrasi yang mengurus semuanya, harapannya memang kerja sama seperti ini bisa terus terjalin. Sehingga masyarakat Kudus bisa makin mudah urus paspornya,” tandas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...