Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Luhut Sebut Kasus Covid-19 di Jateng Kembali Meningkat

Gubernur Ganjar Pranowo melihat pengunjung mal men-scan barcode aplikasi PeduliLindungi. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah telah mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga 20 September 2021. Pengumuman itu disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Dalam konfrensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Luhut mengingatkan bahaya virus Corona varian Delta. Dia menyebut di Jawa Tengah telah terjadi peningkatan kasus kembali.

“Perlu kewaspadaan kita semua karena terjadi peningkatan kasus konfirmasi dan kematian di beberapa wilayah Jateng seperti Sukoharjo dan Tegal, dan Kabupaten Semarang. Ini early warning juga buat kita. Harus hati-hati jangan kembali sebelum 15 Juli,” ungkapnya.

Luhut juga mengatakan PPKM di Jawa-Bali akan terus dilakukan selama pandemi Corona masih terjadi.

“Pemerintah akan terus memberlakukan PPKM di seluruh wilayah Jawa-Bali. Dilakukan evaluasi tiap minggu. PPKM alat kita memonitor ini, karena kalau dilepas, tidak dikendalikan bisa ada gelombang lagi. Kita lihat pengalaman di negara lain,” bebernya.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2021 yang diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebutkan ada satu kabupaten di Jawa Tengah yang kembali masuk ke Level 4, yakni Kabupaten Brebes. Sementara di Jawa Barat, ada dua kabupaten/kota yang masuk ke Level 4, yakni Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Cirebon.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...