Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

9,6 Juta Rokok Bodong Disita Bea Cukai Kudus, Jika Dijual Nilainya Segini

Petugas Bea Cukai Kudus menunjukkan rokok ilegal yang berhasil disita. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 9,6 juta batang rokok ilegal berhasil disita Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus periode Januari hingga September 2021.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Kudus Dwi Prasetyo Rini mengatakan, jutaan rokok ilegal tersebut berhasil diamankan dari 65 penidakan peredaran rokok ilegal di Kudus dan sekitarnya.

Rini menambahkan, selama Januari hingga Agustus 2021 sudah ada 63 kasus yang terungkap. Sedangkan memasuki pekan ketiga bulan September 2021 sudah ada dua kasus yang terungkap sehingga untuk saat ini sudah ada 65 kasus.

“Sebanyak 9,6 juta batang rokok tersebut berjenis sigaret kretek mesin (SKM) maupun sigaret kretek tangan (SKT),” katanya, Senin (13/9/2021).

Lebih rinci, Rini mengungkapkan dari 9,6 juta batang rokok ilegal tersebut didominasi jenis SKM dibandingkan rokok jenis SKT.

Baca: Juragan Rokok Bodong Diamankan, Satu Truk Rokok dari Jepara Jadi Barang Bukti

Dari jutaan batang rokok itu jika beredar dipasaran nilainya mencapai Rp 9,7 miliar. Dengan digagalkannya penyelundupan rokok ilegal ini, potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 6,54 miliar.

Pihaknya pun memastikan walau tengah dalam masa pandemi Covid-19, Bea Cukai Kudus akan tetap memaksimalkan fungsi pengawasan dan meningkatkan kinerja pelayanan. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dari segi penindakan hasil pengawasan sendiri, pada triwulan pertama Bea Cukai Kudus telah berhasil melaksanakan 30 kali lebih penindakan. Baik berupa penindakan bangunan, penindakan sarana pengangkut, maupun operasi pasar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...