Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pena Hingga Gantungan Kunci Ini Dipastikan Asli Milik Raja Kretek Kudus

Peninggalan sang Raja Kretek Nitisemito yang telah didisplay di Museum Kretek. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Belasan koleksi yang terdapat di Museum Kretek Kudus telah dipastikan keaslianya sebagai peninggalan Raja Kretek Nitisemito.

Belasan koleksi peninggalan Raja Kretek itu yakni, pena, tempat rokok, cover tempat korek api kayu, gantungan kunci berlogo macan, logo bal tiga, pin berlambang bal tiga, surat 3 Oktober 1934, agen produk bal tiga, surat 17 September 1947 untuk Bea Cukai Kudus, amplop, kartu pos, dan sejumlah foto.

Kepastian ini didapaatkan setelah Museum Kretek melakukan kajian bekerja sama dengan Museum Ranggawarsita Semarang. Hasil dari kajian itu diseminarkan di @Hom Hotel Kudus, Senin (13/9/2021).

Kurator Museum Ranggawarsita Laela Nurhayati Dewi mengatakan, koleksi peninggalan Raja Kretek tersebut juga dikaji bersama arkeolog industri. Sebab, benda-benda peninggalan yang dikaji tersebut tentang industri perusahaan kretek Nitisemito.

“Itu dipastikan asli kalau yang di Museum Kretek. Mulai tahap pengumpulan data, tinjauan secara langsung melihat benda, hingga literatur yang bisa memaknai dari setiap peninggalan Mbah Nitisemito. 15 koleksi itu di luar buku administrasi yang beberapa waktu lalu sudah dikaji dan itu juga sudah di-display,” katanya.

Ia menjelaskan, dari hasil kajian belasan peninggalan Raja Kretek itu, menunjukkan eksistensi perusahaan bal tiga di masa itu.

Baca: Cerita Kuda Kyai Gambuh Hadiah dari Pakubowono X untuk Raja Kretek

Selain itu, di sejumlah foto peninggalan mencerminkan aktivitas perusahaan yang sudah tinggi, mulai di bidang pasar hingga olahraga.

“Ide memilih lingkaran pada logo, warna-warna sangat menonjol untuk kestabilan, ketegasan, dan eksistensi perusahaan. Ada juga pin tiga lingkaran emas untuk dipakai Raja Kretek dan tamu kehormatan yang menunjukkan kemewahan dan kemakmuran,” jelasnya.

Kini lanjut dia, koleksi-koleksi peninggalan sang Raja Kretek itu telah didisplay di ruang Nitisemito yang ada di Museum Kretek.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...