Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RS Aisyiyah Kudus Bakal Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis, Ini Syaratnya

Pasien mengikuti operasi sumbing bibir belum lama ini. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – RS Aisyiyah Kudus bersama Djarum Foundation bakal menggelar operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit pada Sabtu (9/10/2021) mendatang. Operasi tersebut gratis

Direktur RS Aisyiyah Kudus dr Hilal Ariadi mengatakan, operasi ini untuk memberikan perbaikan fisik dan fungsi dari penderita.

“Agar penderita yang masih anak-anak ini memiliki masa depan yang lebih baik. Sehingga anak-anak lebih percaya diri menyongsong masa depan,” katanya, Senin (13/9/2021).

Dokter Hilal melanjutkan, operasi sumbing bibir dan sumbing langit-langit itu merupakan edisi ke sembilan. Perihal pendaftaran dimulai hari ini hingga Selasa (5/10/2021) mendatang. Lalu, pada Jumat (8/10/2021) akan dilakukan skrining dan rapid test.

Bagi yang hendak mendaftar dapat menghubungi pihak RS Aisyiyah ke bagian pendaftaran dan informasi di (0291) 437780. Selain itu dapat menghubungi di nomor 082135534292.

Ada beberapa persyaratan yang dijelaskan oleh dokter Hilal bagi pasien yang hendak mengikuti operasi. Bagi pasien operasi sumbing bibir minimal berusia tiga bulan. Lalu, berat badan minimal 5 kilogram dan usia maksimal 60 tahun.

Baca: Kekurangan Nutrisi Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bibir Sumbing, Ini Kisaran Biaya Operasinya

Sedangkan bagi pasien operasi sumbing langit-langit umur minimal yakni 18 bulan. Kemudian berat badan minimal 10 kilogram dengan batas maksimal umur 11 tahun. Pasien juga diminta untuk membawa fotocopy KTP, fotocopy KK, dan fotocopy akta kelahiran.

“Selain itu tidak sedang masa imunisasi. Kemudian yang sedang batuk atau panas juga belum bisa karena kondisi mau operasi harus sehat,” terangnya.

Pasien yang hendak mengikuti operasi sumbing bibir dan sumbing langit-langit ini boleh dari Kudus maupun luar Kudus. Menurutnya tidak ada batasan kuota bagi pasien yang operasi.

“Batasan kuota tidak ada. Tetapi nanti kan ada skrining dulu. Meliputi tes HB, tes hematokrit, lekosit, trombosit, dan foto rontgen dada. Bagi yang luar Kudus kalau mau skrining dulu, kemudian nanti ke RS Aisyiyah tinggal menyerahkan hasilnya dipersilahkan. Kalau mau skrining langsung di lokasi juga dipersilahkan,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...