Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dinkes Kota Tegal Bawa Bocah Tiga Tahun yang Suka Makan Tanah dan Tembok ke RS

Vero Fernanda, anak tiga tahun di Kota Tegal yang memiliki kebiasaan makan tanah dibawa ke RSUD Kardinah untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatannya, Senin (13/9/2021). (Suara.com)

MURIANEWS, Kota Tegal – Dinas Kesehatan Kota Tegal akhirnya membawa Vero Fernanda, bocah yang terbiasa makan tanah dan rontokan tembok ke rumah sakit.

Bocah tiga tahun itu dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa kesehatannya. Apalagi, memakan tanah dan rontokan tembok dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan si anak.

Dikutip Suara.com, Senin (13/9/2021) ‎rumah orang tua Vero Fernanda di RT 03 RW I Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat langsung didatangi Dinas Kesehatan (Dinkes) serta pihak kecamatan dan kelurahan, Senin (13/9/2021) pagi.‎

Petugas lalu membawa bocah yang biasa dipanggil Nando itu ke RSUD Kardinah bersama ibunya menggunakan mobil ambulans puskesmas.

Baca: Bikin Sedih, Bocah Tiga Tahun di Kota Tegal Punya Kebiasaan Makan Tanah dan Tembok

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Sri Primawati Indraswari mengatakan, ‎pihaknya akan mencari tahu penyebab Vero Fernanda gemar memakan tanah dan benda-benda lain yang tidak lazim.

‎”Penyebabnya kita cari. Bisa karena kebiasaan dan bisa juga pengawasan dari orang tuanya kurang. Kalau anak balita memang harus didampingi terus, harus dijauhkan dari makanan yang tidak wajar,” kata Prima.

‎Menurut Prima, dari keterangan orang tuanya, Vero Fernanda dilahirkan secara caesar saat usia kandungan ibunya baru tujuh bulan. Saat dilahirkan, berat badannya juga melebihi normal yakni mencapai 4 kilogram.

‎”Saat lahir berat badannya melebihi normal‎, artinya ada satu kelainan, tapi secara kasat mata ‎fisiknya bagus. Motorik dan sensoriknya bagus. Nanti kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Nanti ada petugas gizi dari puskemas akan melakukan pemantau secara rutin,” ujarnya.

Prima menyebut kebiasaan makan tanah bisa berdampak serius pada kondisi kesehatan Vero Fernanda jika terus dibiarkan terjadi.

“Dampaknya kalau sering makan tanah ya bisa cacingan, terus pertumbuhannya terganggu, bisa mempengaruhi perkembangannya, tumbuh kembangnya, dan bisa menyebabkan keterbelakangan,” jelasnya.

Prima mengatakan, selain bakal dipantau rutin petugas gizi puskesmas, Vero Fernanda nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis anak dan kejiwaan di rumah sakit.

“Nanti diperiksa tumbuh kembangnya normal atau tidak, fesesnya, dicek darahnya. Kita juga edukasi orang tuanya tentang makanan sehat seperti apa. Karbohidrat, protein, mineral, komposisinya harus seimbang,‎” ucapnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Suara.com

Comments
Loading...