Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

415 Pelamar PPPK Guru di Kudus Mulai Jalani Seleksi Kompetensi

Peserta pelamar PPPK guru tengah melaksanakan seleksi kompetensi di SMAN 2 Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 415 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk formasi guru Pemkab Kudus mulai menjalani seleksi kompetensi, Senin (13/9/2021) hingga Jumat (17/9/2021) mendatang.

Pelaksanaan tes kompetensi PPPK di Kabupaten Kudus, hanya dilaksanakan di dua tempat. Yakni di SMKN 1 Kudus dan SMAN 2 Kudus di, Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada menyampaikan, pihak Disdikpora hanya sebagai pelaksana dan peninjau tes kompetensi PPPK guru saja. Sementara dari sistem hingga soal, ditangani langsung dari Kemendikbudristek.

“Kami di kabupaten hanya sebagai pelaksana dan penyedia ruang saja, semuanya sudah disiapkan dari kementerian,” katanya saat melakukan tinjauan di SMAN 2 Kudus, Senin pagi.

Untuk teknisnya sendiri, pelaksanaan seleksi kompetensi dilaksanakan dalam dua kloter. Yakni pagi pukul 07.00 WIB hingga 10.50 WIB dan siang pukul 13.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Sementara untuk jenis tesnya, terdiri dari tiga tahapan dalam satu waktu tersebut.  Yakni tes multicultural, kompetensi diri, dan tes wawancara.

“Semua soal dan sebagainya dari pusat, kalau tes wawancaranya itu seperti diperdengarkan pertanyaannya, kemudian peserta mengetik jawabannya di sistem,” ujarnya.

Harjuna berharap semua pelamar PPPK di Kabupaten Kudus bisa lolos semuanya. Mengingat Kabupaten Kudus sampai saat ini masih kekurangan guru untuk mengajar.

Data dari Dinas Dikpora sendiri, kebutuhan guru yang belum tercukupi hingga akhir tahun 2021 ini mencapai sebanyak 950 orang. Baik untuk jenjang sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama.

Baca: Woro-woro! Ini Jadwal Tes SKD CPNS dan PPPK Nonguru Kudus

Terkait Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada tahap penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Negeri Sipil (CPNS) dan tes kompetensi PPPK nonguru di lingkup Pemkab Kudus bakal dimulai akhir September 2021 mendatang.

Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) sendiri, kini telah mengajukan surat ke Bupati terkait penetapan pelaksanaan tes SKD CPNS dan tes kompetensi PPPK nonguru.

Dimungkinkan, pelaksanaan SKD CPNS akan berlangsung di tanggal 30 September dan 1 Oktober. Sementara PPPK nonguru akan berlangung di pertengahan Oktober.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...