Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pos Yankomas Akan Dibuka di MPP Kabupaten/Kota

Pos Yankomas di Lapas Semarang, sudah dibuka. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang- Negara harus selalu hadir dalam setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat, salah satunya adalah dalam hal pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM). Penempatan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) di Kantor Wilayah dan seluruh Unit Pelaksana Teknis merupakan wujud negara hadir dalam pemenuhan HAM.

Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah sendiri, pada tahun 2021 telah menyelesaikan 50 (lima puluh) pengaduan masyarakat terkait permasalahan HAM. Sebagian besar permasalahan yang diselesaikan adalah penahanan ijazah yang dilakukan suatu perusahaan terhadap karyawannya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A. Yuspahruddin, menyatakan, Yankomas harus dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Sehingga fungsinya benar-benar bisa optimal.

BACA JUGA: Warga Binaan di Semarang Gelar Istigasah dan Salat Gaib untuk Korban Kebakaran Lapas Tangerang

“Layanan ini harus dapat diketahui oleh masyarakat, lakukan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan menempatkan Yankomas ini pada Mal Pelayanan Publik (MPP),” ujarnya.

“Saya yakin masyarakat akan dapat mengakses dengan mudah, selain tentunya yang sudah ada pada setiap Unit Pelayanan Teknis,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi mengatakan akan segera melakukan koordinasi dengan Kabupaten/Kota dalam rangka penempatan Pos Yankomas di MPP masing-masing Kabupaten/kota.

“Tentu akan kita jalin sinergitas denga Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.
Penempatan Yankomas di MPP Kabupaten/Kota mendapat dukungan Direktorat Jenderal HAM, mengingat permasalahan HAM di daerah semakin beragam,” ujar Bambang.

Dukungan Direktorat Jenderal HAM dalam pembentukan Yankomas disampaikan pula oleh Direktur Desiminasi dan Penguatan HAM, Sri Kurniati Pane. Menurutnya, inovasi yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah sangat brilian.

“Inovasi yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dengan menempatkan Pos Yankomas di MPP merupakan hal pertama yang dilakukan. Ini sebuah sinergi yang baik dalam menangani pengaduan masyarakat terhadap dugaan pelanggaran HAM di wilayahnya,” ucapnya.

Lapas Semarang, juga turut menghadirkan Pos Yankomas ini. Pelayanan ini hadir satu pintu dengan pelayanan lainnya, dengan petugas siap menerima setiap laporan. Terutama laporan dugaan pelanggaran HAM terhadap narapidana maupun masyarakat.

“Keberadaan Yankomas di Lapas Semarang cukup membantu bagi mereka terutama tahanan untuk berkonsultasi tentang perkara yang sedang mereka hadapi,” ungkap Supriyanto, Kalapas Semarang.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje

Comments
Loading...