Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

NU Karimunjawa Bangun BLKK Pariwisata Perhotelan

Peletakan batu pertama pembangunan Gedung BLKK NU Karimunjawa. (MURIAEWS/Faqih Mansyur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara– Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara akan membangun gedung Balai Latihan Kerja Komunitas BLKK). Gedung ini berada di Dukuh Alang-alang RT 02 RW 04 Desa Karimunjawa, Jepara.

Gedung BLKK yang terletak kurang lebih 7 km arah Desa Kemujan, dari Pusat kota Karimunjawa ini, diharapkan bisa memberi manfaat nantinya. Keberadaannya diharapkan bisa ikut menunjang pengembangan pariwisata di Karimunjawa.

“Kami akan membangun BLKK NU yang dapat menunjang kegiatan pariwisata perhotelan dan untuk melatih generasi muda Karimunjawa agar cakap dalam mengelola dan mengembangkan pariwisata Karimunjawa . Sehingga bisa berkelanjutan dan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup dan merawat budaya serta kearifan lokal,” kata Ketua Tanfidziyah MWC NU Karimunjawa KH. Ahmad Kholiqin di sela-sela peletakan batu pertama BLKK pada Sabtu (12/9/2021).

Rencananya, di atas tanah wakaf seluas 1.568 meter persegi dari Fatthan Subchi, Mukhasiron, Muttaqin dan Marfuah akan dibangun komplek gedung NU, BLKK dan pusat kegiatan pelatihan out-door. Diharapkan, bisa menjadi tempat membina generasi muda NU Karimun Jawa agar tetap mempertahankan ajaran Islam ala ahlissunnah wal jamaah an-nahdliyyah.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah dan berterimasih kepada Ibu Ida Fauziyah selaku menteri tenaga kerja yang telah memberikan bantuan pembangunan gedung BLKK pariwisata perhotelan ini. Mudah-mudahan pembangunannya bisa selesai sesuai target dan segera dapat digunakan melatih ketrampilan kepariwisataan perhotelan,” ujar Kholikin.

BACA JUGA: Rumah Adat di Karimunjawa Akan Dipertahankan

Dia juga berharap, di waktu yang tidak terlalu lama, disusul pembangunan gedung NU MWC Karimunjawa untuk pertemuan NU maupun badan otonomnya.

Sementara itu, Fahrul Alim selaku panitia pelaksana pembangunan gedung BLKK NU mengatakan, pembangunan gedung ini dilaksanakan mulai september 2021 dan dapat segera terwujud pembangunannya pada akhir tahun 2021 sesuai petunjuk teknis dari kementerian tenaga kerja.

Dia berharap BLKK ini nantinya menghasilkan tenaga kerja yang cakap dan trampil dalam bidang pariwisata perhotelan. Sektor pariwisata Karimunjawa memang menjadi andalan pendapatan masyarakat.

Jangan sampai alam Karimunjawa yang indah dan eksotis ini menjadi rusak karena sumberdaya manusianya tidak memahami pariwisata berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup. Berkah alam dari Allah SWT ini wajib kita jaga kelestariaanya, agar kelak anak cucu kita tetap bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan tatanan sosial yang berakar dari kearifan budaya lokal.

“Mudah-mudahan sumberdaya manusia Karimun Jawa bisa memanfaatkan BLKK untuk pengembangan pariwisata Karimunjawa yang berkelanjutan dan berbasis tenaga kerja lokal warga Karimunjawa,” kata Fahrul yang juga Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Karimun Jawa.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Budi erje

Comments
Loading...