Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Jepara Akan Tambah Trip Penyeberangan ke Karimunjawa

Bupati Jepara Dian Kristiandi (memakai baju adat) saat berada di Pelabuhan Kartini Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Bupati Jepara Dian Kristiandi berencana menambah trip penyeberangan menuju Karimunjawa. Kebijakan ini diambil untuk memompa lebih cepat denyut nadi perekonomian masyarakat di sana.

Sebelumnya, trip penyeberangan dari Pelabuhan Kartini Jepara menuju Karimunjawa memang dibatasi. Tak hanya jumlah penumpang, jadwal penyeberangan juga menjadi berkurang karena pandemi Covid-19.

“Perjalanan dari Jepara ke Karimunjawa nanti tripnya akan kami tambah. Tentu dengan protokol kesehatan (prokes) ketat itu, menjadi syarat utama,” kata Andi, Sabtu (11/9/2021).

Selain penyeberangan, Andi juga mengupayakan agar penerbangan ke Karimunjawa bisa aktif kembali.

Belum lama ini, Andi sudah berkomunikasi dengan manajemen Bandara Ahmad Yani Semarang. Setelah melakukan rapat internal, dimungkinkan pekan depan penerbangan dari Semarang ke Karimunjawa akan kembali dibuka.

“Pintu-pintu masuk ke Karimunjawa pelan-pelan akan kita buka. Kalau yang penyeberangan, sementara tetap dari satu pintu di Jepara,” ujar Andi.

Terpisah, Manajemen Kapal Ekspress Bahari Jepara, Jefri mengaku belum mendapat kabar tentang rencana tersebut. Meski begitu, pihaknya mengaku sudah siap jika trip penyeberangan akan ditambah.

Ia menyatakan, sebenarnya pihak manajemen sudah berencana untuk menambah jadwal keberangkatan kapal. Alasannya, sektor pariwisata di Karimunjawa sudah dibuka dan wisatawan sudah banyak yang berlibur ke sana.

Baca: Penerbangan ke Karimunjawa Akan Segera Dibuka Lagi

Selama masa pandemi Covid-19, dalam sepekan Kapal Ekspress Bahari hanya melakukan dua kali keberangkatan ke Karimunjawa. Yaitu berangkat hari Senin pulang Rabu, dan berangkat Jumat pulang Minggu.

Ke depan, Jefri berencana menambah jadwal hari Sabtu dengan sistem Pulang-Pergi (PP). Jadwalnya, Sabtu pagi jam 07.00 WIB kapal berangkat dari Karimunjawa.

Sampai Jepara pukul 09.00 WIB. Kemudian, pukul 10.00 WIB kapal kembali berangkat ke Karimunjawa. Kapal akan kembali lagi ke Jepara pada hari Minggu.

“Kapanpun pak bupati menambah trip penyeberangan ke Karimunjawa kami selalu siap,” tegas Jefri.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...