Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Djarum Foundation Donasikan Seribu Konsentrator Oksigen ke RS di Jateng-DIY

Seribu unit konsentrator oksigen yamg didonasikan Djarum  Foundation ke RS di Jateng dan DIY dan Kemenperin. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Djarum Foundation mendonasikan seribu unit konsentrator oksigen melalui Kementerian Perindustrian RI serta sejumlah rumah sakit di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (10/9/2021).

Dengan rincian, seratus unit dihibahkan kepada Kemenperin dan 900 sisanya disebar di berbagai rumah sakit penanganan Covid-19 di Jateng dan DIY.

Bantuan tersebut, dilakukan guna mengantisipasi munculnya varian baru Covid-19 yang bisa saja mengakibatkan lonjakan kasus, dan kebutuhan terhadap oksigen seperti yang terjadi beberapa bulan lalu.

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation Achmad Budiharto mengatakan, meski kini kasus Covid-19 sudah mengalami penurunan, langkah antisipasi sepatutnya tetap dilakukan. Dengan harapan kejadian lonjakan kasus tidak terulang di masa mendatang.

“Kami berkomitmen untuk turut terlibat dalam program penanggulangan pandemi Covid-19 yang terus menjadi perhatian serius. Kami berharap, donasi konsentrator oksigen ini dapat mengantisipasi bilamana lonjakan pasien Covid-19 terjadi kembali,” katanya.

Konsentrator oksigen, lanjut dia, saat ini menjadi alternatif terapi oksigen yang digunakan masyarakat. Alat ini menjadi populer karena mudah dibawa, memiliki bobot yang lebih ringan dan tidak perlu melakukan isi ulang oksigen seperti layaknya tabung oksigen konvensional.

“Dan juga, selain untuk pasien Covid-19, konsentrator oksigen dapat digunakan bagi pasien lain yang menderita penyakit di bagian penapasan dan penurunan saturasi oksigen di dalam darah,” katanya.

Walau demikian, pihaknya berharap semua elemen bisa terus bahu membahu berupaya menegakkan protokol kesehatan dan berdoa agar lonjakan kasus tidak terjadi lagi. Sehingga Indonesia segera keluar dari pandemi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian RI, Putu Juli Ardika menuturkan, donasi dari sektor swasta merupakan bentuk kepedulian industri dalam negeri saat menghadapi pandemi Covid-19.

Pasalnya tak hanya menyasar lini kesehatan, wabah ini juga menyerang sektor industri yang bermuara pada melambatnya roda perekonomian.

“Kepedulian ini memberikan makna bahwa industri dalam negeri tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian tapi juga berbagi beban di kala negara sedang dalam kondisi sulit. Semoga bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan oksigen bagi para pasien Covid-19,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...