Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hari Jadi Kudus, Wayangan hingga Ketoprak Digelar Virtual

Pendapa Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Tanggal 23 September 2021, Kabupaten Kudus akan tepat berusia 472 tahun. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus pun tengah menyusun konsep untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kretek.

Kondisi pandemi pun mengharuskan perayaan HUT digelar secara terbatas dan tanpa memicu kerumunan. Alhasil, sederet acara virtual telah dipersiapkan.

“Kegiatan hari jadi rata-rata dilaksanakan secara virtual. Tidak ada festival atau kegiatan yang bisa memicu kerumunan,” kata Plt Kadisbudpar Kudus Mutrikah, Jumat (10/9/2021).

Konsep perayaan virtual, lanjut dia, akan didominasi oleh pentas kesenian yang ada di Kota Kretek. Nantinya pentas kesenian tersebut akan diselenggarakan di Taman Budaya dan Taman Krida dan ditayangkan melaui Youtube.

“Program dari dinas yang di Taman Budaya nanti ada pentas virtual wayang, ketoprak, dan teater. Ada juga dukungan dari masyarakat ada tari, barongan, hingga reog yang akan dilaksanakan di Taman Krida tanpa pengunjung dan ditayangkan,” jelasnya.

Menurutnya, pementasan sejumlah acara virtual kesenian tersebut untuk mendukung kegiatan para seniman yang hingga kini masih lestari di Kudus.

Selain itu, menjelang hari jadi Kabupaten Kudus juga akan diadakan sejumlah rangkaian kegiatan lain secara terbatas. Mulai apel untuk internal, tahlil, khatmil Quran yang akan dilaksanakan secara langsung di Menara dan Pendapa Kabupaten Kudus.

“Khatmil Quran di pendapa pada malam tirakatan nantinya terbatas, hanya bupati, Forkopimdan dan pimpinan OPD yang lain, seperti di kecamatan, desa, atau perusahaan kami harapkan bisa melaksanakannya di tempat masing-masing dengan jumlah peserta terbatas dan protokol kesehatan ketat,” ungkapnya.

Saat pelaksanaan khatmil quran juga direncanakan ada 472 tumpeng yang tersebar di sejumlah lokasi baik instansi, perbankan, 132 desa/atau kelurahan.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...