Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

70 Persen Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Kaliwungu Kudus Telah Divaksin Covid

Tenaga kesehatan (nakes) menyuntikkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah ibu hamil dengan usia 13 minggu hingga menjelang kelahiran di wilayah Puskesmas Kaliwungu, Kudus tercatat ada 315 orang. Dari jumlah itu sudah tercapai 70 persen yang divaksin Covid-19 dosis pertama.

Kepala Puskesmas Kaliwungu, drg Yuskal Yusrizal mengatakan, mereka tersebar di sembilan desa yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Kaliwungu. Seperti Desa Bakalan Krapyak, Prambatan Lor, Prambatan Kidul dan Mijen.

Lalu di Desa Garung Lor, Garung Kidul, Karangampel, Kedungdowo, dan Setrokalangan. Ia menyebut, sisa 30 persen lainnya akan divaksin menunggu ketersediaan vaksin.

Sejauh ini, dia menyebutkan belum ada keluhan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Pihaknya juga terus memantau kondisi ibu hamil pasca vaksinasi melalui bidan desa.

“Masa pemantauan pascavaksin bagi ibu hamil itu 3×24 jam. Tetapi kami juga terus lakukan pemantauan dan sejauh ini alhamdulillah belum ada keluhan terkait KIPI,” katanya, Jumat (10/9/2021).

Baca: 15 Ibu Hamil di Kudus Meninggal Terpapar Covid, Jangan Takut Vaksin

Pihaknya mengimbau kepada ibu hamil untuk bersedia mengikuti vaksinasi. Sebab, menurutnya ibu hamil tergolong risiko tinggi terpapar Covid-19.

“Dengan adanya vaksinasi harapannya bisa mengurangi terpapar Covid-19. Sehingga ibu hamil sehat dan bayinya ikut sehat,” terangnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada ibu hamil yang sudah divaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Minimal dengan penerapan 3M.

“Tetap prokes dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...