Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Jabatan Kadinas di Kudus Kosong, Kapan Diisi?

Pengambilan sumpah jabatan di lingkungan Pemkab Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Tiga jabatan kepala dinas (kadinas) di tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kini tengah kosong.

Ini terjadi usai pejabat eselon dua yang menduduki jabatan tersebut dirotasi ke jabatan lainnya pekan ini.

Tiga kepala dinas itu yakni tersebut yakni Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar), dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus.

“Untuk proses pengisiannya sendiri masih menunggu keputusan dari bupati Kudus selalu Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK),” kata Kabid Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Hendro Muswinda, Jumat (10/9/2021).

Hendro mengatakan, bupati bisa saja mengisi tiga jabatan tersebut dengan cara mengangkat atau merotasi pejabat dengan kriteria yang sesuai. Namun jika tidak, akan diisi dengan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama.

“Ketika itu jadi opsi, barulah ada pansel ada juga tahap-tahap yang harus dilalui,” ujarnya.

Untuk panitia seleksi (Pansel) sendiri diisi oleh pejabat internal seperti Sekretaris DAERAH dan kepala BKPP atau yang ditunjuk. Pansel, juga berisi pakar, praktisi, maupun akademisi yang berkompeten di bidangnya.

Sementara terkait tahapan seleksinya, Hendro menyebut terdiri dari seleksi administrasi, assessment, tes presentasi, wawancara dengan pansel, kemudian wawancara dengan bupati.

Sebelumnya, Bupati Kudus HM Hartopo melakukan rotasi jabatan di tingkat eselon II atau setara kepala dinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus, Senin (6/9/2021)

Lima pegawai eselon II tersebut adalah, Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Catur Widyatno dirotasi ke staf ahli Bupati Kudus Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Baca: Rotasi Lima Pejabat, Bupati Kudus Ungkit Empat Sehat Lima Sempurna

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kudus Djati Solechah yang dirotasi ke Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Sementara Setwan yang lama yakni Jadmiko dirotasi ke Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah.

Kemudian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus Kholid yang dirotasi menjadi Kepala Satpol PP Kudus dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Bergas Catursasi yang dirotasi menjadi Kepala Bapelitbangda.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...