Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jawaban Pelajar Papua saat Ditanya Ganjar: Aku Tresno Koe

Ganjar berbincang dengan pelajar asal Papua. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Peristiwa yang bikin terpingkal-pingkal terjadi dalam puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 di Hotel Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (9/9/2021). Ini terjadi ketika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melontarkan pertanyaan kepada pelajar asal Papua yang menari menyambut kehadirannya.

Empat pelajar asal Papua itu menarikan ’Seka’ atau tarian penyambutan khas Papua dengan mengenakan pakaian adat. Ganjar pun mengajak para pelajar itu naik ke atas panggung.

Kepada Ganjar mereka mengatakan jika tengah belajar di Jawa Tengah dan tinggal di asrama khusus pelajar Papua. Mereka telah melakukan persiapan yang cukup lama untuk menarikan Seka tersebut.

Ganjar kemudian bertanya tentang Bahasa Jawa apa yang sudah mereka kuasai. Pertanyaan ini dijawab dengan mantap oleh Teresia, siswa Papua di Saint Louis Semarang.

Aku tresno karo koe (aku cinta sama kamu, red),” ujarnya.

Praktis jawaban Teresia memancing tepuk tangan dan tawa dari para hadirin yang datang. Ganjar juga tak mampu menahan kebahagiaannya dan mengacungi jempol Teresia atas jawabannya.

“Terima kasih kakak-kakak semua tariannya keren, bajunya juga keren,” kata Ganjar.

Usai acara, Ganjar menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah menyiapkan acara peringatan dan pelepasan atlet untuk berlomba di PON Papua dengan meriah. Ganjar juga mengapresiasi kehadiran para siswa Papua di acara tersebut.

“Terima kasih adik-adik dari Papua sudah menyambut kita juga. Maka saya juga pakai mahkota dari Papua dan kita akan antarkan para atlet kita untuk bisa berlaga,” kata Ganjar.

Baca: Ganjar: Lebih Takut Disuntik Vaksin Apa Diseneni Bojone?

Ganjar berpesan kepada para atlet untuk semangat, tetap sportif dan menjaga nama baik daerah. Tak lupa Ganjar memberi semangat agar para atlet berjuang sebaik-baiknya untuk meraih medali sebanyak-banyaknya.

“Semangat, harus sportif, bawa medali ke Jawa Tengah dan jangan lupa bawa nama baik terus untuk Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinung N Rachmadi menjelaskan, pada PON Papua ini Jateng mengikuti 39 cabor dengan total kekuatan kontingen 651 orang. Sementara untuk Peparnas, Jateng mengirim kekuatan kontingen sebanyak 304 orang.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...