Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nabire Papua Diguncang Gempa Tektonik, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Tangkap layar informasi gempa Nabire, Papua (Instagram/@infoBMKG)

MURIANEWS, Jakarta – Wilayah Nabire, Papua diguncang gempa tektonik dengan kekuatan magnitude (M)5,3, Kamis (9/9/2021). Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dalam rilis resmi BMKG, musibah itu terjadi sekitar pukul 09.16 WIB dan disusul sekitar pada 10.00. Episenter gempa bumi terletak di koordinat 3,98° LS ; 134,99° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 100 km arah Barat Daya Kota Nabire, Papua pada kedalaman 22 km.

BMKG menjelaskan, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Tarera Aiduna. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar geser.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Nabire. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Di samping itu, masyarakat diimbau menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tulis BMKG.

 

Penuli: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...