Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Antisipasi Kebakaran, Lapas Semarang Sidak dan Perketat Keamanan Hunian Warga Binaan

Petugas lapas semarang saat memberikan sosialisasi kepada warga binaan. (Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan sosialisasi di blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan itu dilakukan pihak jajaran pengamanan usai Lapas Kelas I Tangerang terbakar, Rabu (8/9/2021) dini hari tadi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan edaran dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Yakni pada edaran nomor: W13.PK.02.10.02-448 Tahun 2021 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Gangguan Keamanan dan Ketertiban di UPT Pemasyarakatan.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto yang juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, menjelaskan kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut pascakebakaran di Lapas Kelas I Tangerang semalam.

Selain itu kegiatan ini bertujuan meminimalisir potensi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban. Sehingga tercipta kondisi lapas yang kondusif.

“Kami berupaya meningkatkan kewaspadaaan dan memperketat sistem pengamanan instalasi kelistrikan di lapas. Kegiatan itu meliputi sterilisasi instalasi kelistrikan di bagian blok hunian. Tak hanya itu, kami juga mengawasi penggunaan beragam peralatan yang berhubungan dengan kelistrikan,” jelas Supriyanto.

Demi mewujudkan hal itu, pihaknya melakukan penempatan petugas pengamanan. Selain itu juga meningkatkan frekuensi kontrol di tiap-tiap blok dan kamar hunian. Serta melakukan penggeledahan rutin.

Supriyanto melanjutkan, pihaknya juga berupaya memusnahkan barang-barang kelistrikan yang diduga dapat dirakit kembali. Hal ini untuk meminimalisir timbulnya gangguan keamanan.

“Di lain sisi kami juga melakukan cek dan ricek terhadap penggunaan kunci gembok di setiap kamar. Selain itu kami juga berupaya meningkatkan kewaspadaan terhadap petugas regu,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...