Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Harga Belum Membaik, Pati Kerahkan ASN Beli Cabai Petani

Petani cabai saat memanen cabai di ladangnya. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Hingga saat ini, harga cabai di Kabupaten Pati masih belum membaik. Bahkan tidak sedikit petani yang terpaksa tidak memanem cabainya. Lantaran apabila dipanen justru lebih merugi.

Karena itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bumi Mina Tani pun dikerahkan untuk membeli cabai dari petani. Hal ini dalam rangka untuk mmebantu meringankan beban mereka.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perinduatrian (Disdagperin) Kabupaten Pati Hadi Santosa mengatakan, untuk gerakan ASN beli cabai petani ini sudah termaktub dalam Surat Edaran Pemkab Pati Nomor 500/3176 tentang Gerakan ASN beli Cabai. Hal itu bertujuan untuk menyerap cabai petani saat harganya merosot.

“Inj juga untuk menjaga stabilitas harga cabai di pasaran, agar ASN juga membantu nglarisi cabai petani lokal ini,” katanya, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya untuk gerakan ini tidak perlu muluk-muluk, setidaknya masing-masing ASN dapat membeli cabai dari petani untuk dikonsumsi. Kalau gerakan ini filakukan secara masif, tentu petani juga tidak terlalu rugi banyak.

“Gerakan ASN beli cabai petani untuk dikonsumsi sendiri. Sementara saat ini baru terlaksana sekali. Dan rencananya belum tahu sampai berapa kali, itu info lengkap di Dispertan,” ujarnya.

Baca: Harga Hancur, Petani Cabai di Pati Jual Pakai Sistem Petik Langsung dari Pohon

Dia juga menilai bahwa rendahnya harga cabai ini dimungkinkan karena stok yang melimpah. Apalagi, saat ini petani cabai juga sedang panen raya. Selain itu, daya beli masyarakat dikatakan juga menurun saat pandemi ini.

“Iya harganya (merosot) karena panen raya, daya beli masyarakat turun. Ini ada gerakan ASN beli cabai, semoga ke depan sedikit demi sedikit harga naik,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...