Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Siswa SMK di Ciamis Meninggal Setelah Divaksin, Wabup: Tolong Jujur Saat Skrining

Ilustrasi vaksinasi. (Freepik)

MURIANEWS, Ciamis – Seorang siswa SMK di Kabupaten Ciamis dikabarkan meninggal setelah divaksin Covid-19. Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra pun meminta warga untuk jujur saat skrining, yakni dengan menjelaskan kondisi tubuh sebelum dan setelah mengikuti vaksinasi.

Diketahui, siswa kelas XI SMK itu mengikuti vaksinasi di SMAN 1 Sindangkasih, Rabu (1/9/2021) pagi. Namun, sore harinya, remaja lelaki itu mengeluh Lelah dan sempat minta makan daging ayam. Kemudian, Kamis (2/9/2021) subuh, orang tua remaja itu, Nono melihat anaknya kejang.

Pihak keluarga pun langsung menghubungi dokter. Sayangnya, saat dokter tiba dirumah, siswa itu meninggal sebelum mendapatkan pertolongan.

Usut punya usut, Nono mengungkapkan anaknya sempat mengeluhkan sakit di lambung sebelum disuntik vaksin. Setelah divaksin pun anaknya mengeluhkan sakit di lambung dan pusing.

“Meninggal setelah divaksin. Mengalami keluhan lambung dan pusing. Cuma semalam saja. Sebelum divaksin memang ada keluhan lambung,” tutur Nono, dikutip dari Detikcom, Selasa (7/9/2021).

Menurut Nono, anaknya kekeh divaksinasi karena ingin mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. Kalau tidak divaksinasi, siswa harus belajar secara daring di rumah. “Kalau nggak divaksin, takut atau bagaimana. Karena ingin sekolah, divaksin,” ucap Nono.

Menanggapi peristiwa itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan siswa tersebut memiliki riwayat penyakit bawaan. Namun, kata dia, kemungkinan siswa itu tidak menyampaikan saat tahapan skrining.

“Bukan karena vaksin, tapi memang siswa ini sudah ada penyakit bawaan. Ketika skrining ada kesalahan,” ujar Yana usai memantau vaksinasi di Pesantren Ar Risalah, Cijantung, Ciamis, Selasa (7/9/2021).

Dia pun meminta warga berkata jujur dengan kondisi tubuhnya saat menjalani skrining atau pemeriksaan sebelum mengikuti vaksinasi serta melaporkan efek yang didapatkan setelah vaksinasi.

“Sampaikan kalau punya penyakit apa, sedang berobat jalan. Jelaskan kondisi yang sebenarnya tubuh kita saat skrining. Jadi tolong jujur,” ucap Yana.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Detikcom

Comments
Loading...