Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada Temuan Gua Istimewa Peninggalan Jepang di Jekulo Kudus

Temuan gua yang diduga peninggalan zaman Jepang Minggu (5/9/2021) lalu. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Tiga gua ditemukan di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Pemerintah desa setempat mengaku sudah menemukan tiga titik lagi, yang diduga merupakan gua peninggalan zaman Jepang.

Ketiga titik itu ditemukan oleh Kepala Desa Terban, Supeno bersama salah seorang pesanggem (penggarap lahan) pada Rabu (1/9/2021) lalu. Ketiga titik yang diduga gua itu terdapat di sebelah barat surau yang ada di wilayah Belik Duren. Tepatnya di Desa Terban.

“Barat surau beberapa waktu lalu saya dan pesanggem menemukan titiknya. Tetapi saya masih coba tanyakan satu pesanggem atau warga lainnya dulu untuk lebih meyakinkan,” katanya, Selasa (7/9/2021).

Menurut informasi yang didapat Supeno dari pesanggem dan warga yang sudah sepuh, tiga titik yang diduga merupakan gua itu diprediksi lebih istimewa. Menurut info yang didapatnya, ketiga gua itu saling bertemu.

“Kata dari pesanggem dan warga yang sudah sepuh yang sudah tahu sejak dulu katanya seperti itu. Ada yang bilang bisa bersambungan, guanya yang lebih panjang dan lebih dalam,” terangnya.

Saat ini Supeno tengah fokus untuk menggali beberapa gua yang ada di Desa Terban. Menurut informasi yang didapatkannya, di Desa Terban terdapat 15 gua.

“Saya fokus dulu untuk mencari gua yang ada di wilayah Belik Duren. Karena dekat dengan fasilitas umum. Ada surau dan toiletnya. Sehingga ketika masyarakat datang bisa terfasilitasi,” ungkapnya.

Baca: Pemdes Terban Kudus Temukan Gua Diduga Peninggalan Zaman Jepang

Supeno melanjutkan, jika tiga gua yang terdapat di sebelah barat surau itu benar ditemukan keberadaannya maka bisa terlihat langsung dari surau. Sehingga terlihat lebih menarik.

Sebelumya Pemdes Terban telah menemukan tiga gua. Yakni Gua Dalem yang terletak di Puncak Patiayam, Gua T yang ada di wilayah puncak Cangkraman, dan Gua Damar yang pada Minggu (5/9/2021) lalu selesai digali.

“Wisatawan juga pasti tertarik datang. Makanya saya fokus menemukan gua yang ada di wilayah Belik Duren dulu. Ketiga titik ini nantinya akan saya tanyakan lagi kepada pesanggem lainnya. Supaya pasti dan kalau sudah benar ada di situ, akan kami lakukan penggalian lagi,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...