Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Empat Ribu Warga Jepara Terima Bansos Rp 400 Ribu dari Pemprov

Penerima bansos saat mengambil bantuan di Kantor Pos Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Bantuan ini diberikan untuk membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang belum usai.

Ali Ghozi Purnomo, Kepala Kantor Pos Jepara mengatakan, penyaluran bantuan tersebut sudah sejak 27 Agustus 2021 lalu. Jumlah warga Kota Ukir yang menerima bantuan tersebut sebanyak 4.142 jiwa.

“Kita sudah salurkan yang tahap pertama ini. Tapi masih ada beberapa yang belum tersalurkan,” kata Ghozi, Selasa (7/9/2021).

Ghozi menyebut, warga yang terdaftar tersebut menerima uang tunai sebesar Rp 400 ribu selama dua bulan. Rencananya, bantuan ini akan berlangsung selama dua bulan, di mana per bulan sebesar Rp 200 ribu. Dimulai dari Agustus dan September ini.

Pihaknya menjelaskan, jadwal utama penyalurannya 27 Agustus sampai 1 September. Namun, karena da beberapa penerima yang di luar kota atau berhalangan mengambil ke Kantor Pos, mereka diberi kelonggaran sampai 11 September 2021.

Baca: 133.555 Pekerja Informal Terdampak PPKM di Jateng Bakal Diberi Bansos Rp 400 Ribu dari Pemprov

Terkait dengan mekanisme penyaluran, Ghozi menyatakan sama dengan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial beberapa waktu lalu. Yakni dengan mengundang penerima ke Kantor Pos terdekat.

“Namun, kalau ada warga yang benar-benar tidak bisa datang ke kantor. Misalnya lansia atau sakit, petugas kami yang langsung mengantarkan bantuan ke rumah masing-masing. Ini juga sudah kami lakukan saat penyaluran BST Kemensos,” jelas Ghozi.

Meskipun belum menerima jadwal, Ghozi memperkirakan pencairan bansos tahap kedua akan di tanggal yang sama dengan tahap pertama.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...