Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ruangan SD 1 Garung Lor Kudus Juga Rusak, Kondisinya Mengenaskan

Kondisi ruang kelas 3 SD 1 Garung Lor, Kudus yang rusak. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kerusakan bangunan sekolah di Kabupaten Kudus masih saja ditemui. Tak hanya di SD 4 Prambatan Kidul, sejumlah ruangan di SD 1 Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, juga rusak parah dengan kondisi yang mengenaskan.

Dari pantauan MURIANEWS, di ruang kelas tiga SD tersebut nampak kerangka atap dari kayu telah lapuk dan patah. Hingga mengakibatkan plafon di ruang kelas tersebut ambrol dan material pun terlihat berceceran di lantai.

Tak hanya itu, atap dan plafon di ruang kepala sekolah pun nampak sebagian besar ambrol. Terlihat juga ada sebuah bambu yang digunakan untuk menyangga bagian atap. Kemudian atap ruang perpustakaan juga terlihat telah miring dan lapuk.

Plt Kepala SD 1 Garung Lor Eni Supriyanti mengatakan, rusaknya sejumlah ruang di sekolahnya sudah cukup lama.  Bahkan, ruangan kepala sekolah telah rusak lebih dari setahun lalu.

Sementara kondisi rusaknya ruang kelas tiga awalnya diketahui saat tetangga sekolah memperingatkan pihak sekolah untuk tidak menggunakan ruang kelas tersebut untuk kegiatan belajar mengajar.

Kondisi ruang kepala SD 1 Garung Lor, Kudus yang rusak hingga disangga bambu agar tak roboh (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Sebab, dari luar sudah atap ruang kelas tersebut telah terlihat lapuk dan miring.

“Kalau ambrolnya di ruang kelas tiga itu sekitar enam bulan lalu, kalau ruang kepala sekolah sudah setahun lebih. Sudah kami kosongkan ruangannya dan tidak digunakan, jadi sebelum runtuh itu memang kayunya sudah lapuk, tapi karena tertutup plafon kami awalnya tidak tahu,” katanya, Selasa (7/9/2021).

Baca: Sudah Berbulan-bulan Atap Dua Kelas di SD 4 Prambatan Kidul Kudus Ambruk

Pihaknya sudah melaporkan rusaknya sejumlah ruang tersebut ke Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus. Menurutnya, pihak dinas pun telah datang dan meninjau sejumlah ruangan yang rusak.

Kini, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas atau penilaian tengah semester di sekolah tersebut pun memanfaatkan sejumlah ruang lain.

“Ini kan masih terbatas, jadi masuk separuh-separuh. untuk kelas tiga kami taruh di kelas dua. Kalau nanti sudah PTM full masuk, kelas masih seperti ini ya kami gunakan teras kelas, musala, atau ruang lain,” imbuhnya.

Baca: Bupati Kudus Tak Janji Bisa Perbaiki SD 4 Prambatan Kidul Tahun Ini

Sementara salah seorang siswa kelas tiga Mei Kayla Asyaima Sabiroh (8) mengaku sangat sedih sebab ruang kelasnya dalam kondisi rusak. Ia pun ingin, agar ruang kelas yang harusnya ditempati itu bisa segera diperbaiki.

“Ya sedih liat kelas rusak, ini tadi PTS nempati di ruang kelas dua. Pengennya ya segera diperbaiki,” pungkasnya.

Sebelumnya kerusakan tiga ruang kelas di SD 4 Prambatan Kidul menjadi sorotan banyak pihak. Terlebih dua ruang kelas atapnya ambrol, hingga sama sekali tak bisa digunakan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...