Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Waspadai Varian Baru Covid-19 Mu, Jateng Beli Alat WGS

Gubernur Ganjar Pranowo memimpin rapat penanganan Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Banjarnegara – WHO mengkonfirmasi adanya varian baru Covid-19 yakni B.1.621. Varian baru ini dikenal dengan nama varian Mu yang disebut-sebut mampu lolos dari kekebalan tubuh manusia.

Untuk mengantisipasi hal ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan pihakanya telah membeli alat tes Whole Genome Sequencing (WGS). Alat ini digunakan untuk mendeteksi varian baru Covid-19.

Ini dikatakannya usai memimpin rapat penanganan Covid-19 dari rumah dinas bupati Banjarnegara, Senin (6/9/2021).

“Kita sudah membeli WGS untuk antisipasi itu. Harapan kita nanti kalau ada varian baru, kita bisa tes dan bisa diantisipasi,” ujarnya.

Pekan ini para petugas yang akan mengoperasikan alat tersebut mulai menjalani pelatihan. Selain itu, beberapa sampel juga sudah diambil untuk diperiksa apakah terpapar varian baru atau tidak.

“Harapan kami pekan depan sampel yang diambil bisa lebih banyak lagi, sehingga kita bisa mendeteksi sejak awal varian itu,” ujarnya.

Kondisi penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah saat ini tengah landai. Kendati demikian, ia meminta agar semua pihak tidak lengah, terutama dalam disiplin protokol kesehatan.

“Turunnya kasus, BOR (keterisian tempat tidur) dan perbaikan grafik-grafik yang ada ini jangan sampai membuat kita terlena. Tidak boleh. Maka semuanya saya minta tetap menjaga,” tegasnya.

Selain disiplin protokol kesehatan, Ganjar menyebut segala bentuk keramaian harus memiliki izin, bersifat terbatas dan harus diawasi.

“Kalau tanpa izin apalagi sudah ugal-ugalan, bubarkan saja. Nggak boleh ragu-ragu soal itu,” pungkasnya.

Sementara Pj Sekda Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan, penambahan kasus positif di Jateng pada 5 September kemarin tercatat 625 kasus.

“Sementara untuk tren positivity rate juga terus menurun, dari 12,88 persen di minggu ke-34 menjadi 9,65 persen di minggu ke-35 ini. BOR juga terus menurun, dengan catatan BOR ICU di Jateng saat ini 22,39 persen dan BOR isolasi 12,00 persen,” ucapnya.

 

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...