Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kemungkinan Usai Brasil Vs Argentina Terhenti

Usai keributan Brasil Vs Argentina, siapa yang bakal kena suspend?.(Tangkapan Layar TV)

MURIANEWS, Sao Paulo– Pertandingan antara Brasil Vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022, terhenti. Bagaimana nasip pertandingan ini dan apa yang bakal terjadi pada masing-masing pihak masih belum diketahui lebih lanjut.

Namun, dari pendalaman ESPN Brasil seperti yang dilansir Kompas.com sedikitnya menampilkan tiga kemungkinan. ESPN Brasil mengutarakan tiga skenario apa yang bisa terjadi berikutnya usai kejadian ini.

Pertama, Argentina terpaksa meninggalkan lapangan karena “force majeure” atau keadaan kahar. Jika timnas Argentina dianggap bukan penyebab masalah ini dan harus meninggalkan lapangan karena keadaan kahar (dalam hal ini masuknya otoritas kesehatan Brasil ke lapangan permainan), pertandingan harus dilanjutkan kembali dari menit keempat babak pertama.

Tanggal pertandingan ini akan ditentukan kemudian walau tak bisa dalam beberapa hari ke depan mengingat masih ada laga-laga kualifikasi yang harus dimainkan pada Matchday resmi FIFA ini.

Selanjutnya, Argentina meninggalkan lapangan karena keinginan mereka sendiri. Jika interpretasinya ini dipakai maka Argentina dianggap meninggalkan lapangan dan menolak melanjutkan laga.

Maka mereka akan terkena WO, dan Brasil akan dianggap sebagai pemenang dengan skor 3-0, sekaligus mendapat tiga poin penuh. Tak hanya itu, timnas Argentina juga akan mendapat denda sekitar 10.000 dolar AS.

Kemungkinan selanjutnya, Argentina terpaksa meninggalkan lapangan dan Brasil tidak dapat memberikan jaminan laga aman untuk bergulir kembali. Dengan anggapan ini, maka Brasil akan dianggap kalah. Argentina akan menang dengan skor 3-0 dan mengambil tiga poin penuh. Brasil juga harus membayar denda 10.000 dolar AS.

Sementara itu, Media ternama Argentina asal ibu kota Buenos Aires, Clarin, yakin bahwa Brasil akan dianggap sebagai pihak yang kalah. Hal ini terjadi karena adanya keterlibatan pihak luar federasi, dalam hal ini Anvisa.

“Menilik laga terhenti karena orang di luar organisasi (otoritas kesehatan Brasil), Brasil bisa kehilangan angka dan Argentina mendapatkan tiga poin,” tulis Clarin.

Hal ini juga sesuatu yang akan ditekankan oleh AFA (PSSI-nya Argentina). Pihak yang “kalah” dalam putusan ini akan punya hak naik banding ke Komisi Banding FIFA. Setelah itu, mereka juga masih bisa naik banding lagi ke CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga) sebagai jalan terakhir.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...