Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PPKM Diperpanjang Hingga 13 September, Luhut: Kasus Terus Turun

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah Indonesia kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis level di wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan itu dimulai pada 7 September 2021 hingga 13 September 2021.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jumlah daerah yang menerapkan Level 4 di Jawa dan Bali kembali mengalami penurunan. Di mana, pada minggu sebelumnya terdapat 25 kabupaten/kota, kini tersisa menjadi 11 kabupaten kota.

“Situasi perkembangan Covid-19 di Jawa-Bali menurun secara signifikan. Ini ditandai semakin sedikitnya kabupaten/kota di level empat. Per tanggal 5 September, hanya 11 kabupaten/kota dari sebelumnya 25 kabupaten/kota,” kata Luhut, dikutip dari YouTube Sekretariat Presieden, Senin (6/9/2021).

Kemudian perbaikan juga terlihat di level 2 di mana jumlah kabupaten/kota bertambah dari 27 menjadi 43 kabupaten/kota. Kemudian, wilayah aglomerasi DIY juga berhasil turun menjadi level 3. Sementara Bali masih membutuhkan seminggu kedepan untuk turun level.

“Saya sudah komunikasikan pada gubernur untuk kita ramai-ramai mengatasi ini,” katanya.

Luhut mengemukakan, secara keseluruhan kasus Covid-19 terus mengalami penurunan. Itu merupakan sesuatu yang patut untuk disyurkuri. Meski begitu, Luhut meminta agar tidak ada euforia untuk merayakan kondisi itu.

“Ini sesuatu yang patut kita syukuri yang merupakan buah dari kerja keras semua. Apa yang dicapai saat ini tentulah bukan bentuk euforia yang harus dirayakan. Karena kelengahan sekecil apapun ujungnya adalah peningkatan kasus beberapa minggu kedepan. ini yang harus kita hindari,” tegasnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...