Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gadis Belia Korban Pesugihan Orang Tuanya di Gowa Jalani Operasi Mata

Ilustrasi kekerasan. (Dok. MURIANEWS)

MURIANEWS, Makassar – Gadis belia berusia 6 tahun yang matanya dicongkil untuk dijadikan ritual pesugihan orang tuanya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu kini siap menjalani operasi.

Dokter anestesi dan dokter psikis klinis setempat memastikan kondisi korban sudah mulai membaik. Sebelumnya, rencana operasi pada korban sempat diurungkan. Sebab, perempuan yang masih duduk di bangku SD itu sering mengeluhkan sakit dan teriak histeris yang diduga karena trauma.

Dokter spesialis mata, Yusuf Bahmit mengungkapkan alasan penundaan operasi sebelumnya dan baru bisa dilaksanakan hari ini, Senin (6/9/2021). Sebelumnya, korban terus menolak dan menangis histeris.

Pihaknya pun melakukan obeservasi dan evaluasi dengan dokter anestesi general. Dalam observasi itu, pihaknya menilai penglihatan korban masih bagus.

“(Hasil) observasi dan evaluasi dengan dokter anestesi general ditemukan penglihatan korban masih bagus,” kata dokter Yusuf Bahmit dikutip dari CNN Indonesia, Senin (6/9/2021).

Saat ini, kerabat dan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Gowa terus mendampingi korban hingga dipindahkan ke ruang perawatan Rumah Sakit Syeh Yusuf Gowa. Itu dilakukan agar proses pemulihan korban dari trauma bisa efektif. Kemudian, operasi dilakukan untuk menghindari infeksi pada mata korban.

Untuk mengatasi trauma yang dialami korban, pihaknya juga menyediakan beragam mainan di kamar perawatan. Itu dilakukan agar korban tidak lagi mengingat peristiwa memilukan yang dialaminya.

Apalagi, korban saat ini mendapat perhatian penuh dari paman yang telah menolong serta beberapa kerabat yang saying terhadap anak kecil malang tersebut.

Usai dioperasi, Yusuf berharap korban bisa kembali melihat dan kornea matanya tidak mengalami masalah akibat dicongkel oleh orang tuanya. “Kita harap korneanya aman dan dapat bisa melihat. Ada bagian yang infeksi karena mengalami robek dan terkelupas,” jelasnya.

Baca juga: Tragis, Mata Kanan Bocah di Gowa Dicungkil untuk Ritual Pesugihan

Sebelumnya, bocah perempuan asal Malino, Kecamatan Tanggimoncong, Kabupaten Gowa itu dicungkil mata kanannya. Ironisnya, pelaku pencungkilan itu justru orang-orang yang harus menyayanginya, yakni kedua orang tua, kakek, nekek, serta seorang pamannya.

Gadis malang itu pun langsung dilarikan ke rumah sakit dan harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syech Yusuf, Sunggumunasa, Kabupaten Gowa.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...