Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Harga Hancur, Petani Cabai di Pati Jual Pakai Sistem Petik Langsung dari Pohon

Warga saat memetik langsung cabai dari pohonnya (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Harga cabai di Kabupaten Pati hingga saat ini belum juga membaik. Para petani pun mulai berpikir agar panen kali ini bisa mengembalikan ongkos produksi.

Salah satunya dengan menjual cabai langsung dari pohonnya. Para pembeli bisa  datang langsung di ladang dan memetic cabai sesuai dengan selera pilihannya.

Hal itu mulai dilakukan petani di Desa Ngurensiti, Kecamatan Wedarijaksa, Pati. Cukup banyak petani cabai di desa tersebut yang menerapkan sistem tersebut.

Ketua Kelompok Tani Desa Ngurensiti Widarso mengatakan, petik cabai langsung dari pohon ini memang baru kali pertama dilakukan. Namun, banyak juga warga yang berdatangan, terutama dari luar desa.

“Mungkin sekalian berwisata, banyak yang datang ke ladang untuk memetik cabai secara langsung. Untuk harganya juga lebih tinggi dari pada harus dijual di tengkulak,” katanya, Senin (6/9/2021).

Dia mengakui, untuk harga cabai saat ini hanya Rp 4.000 per kilogram. Sementara untuk petik cabai secara mandiri ini, per kilogramnya dibanrol dengan harga Rp 8.000.

“Mungkin mereka sambil membantu petani. Karena kalau harga normalnnya kan separuhnya, tidak sampai Rp 8.000 per kiligram,” ujarnya.

Baca: Sebulan Terjun Bebas, Harga Cabai di Pati Belum Terasa Pedas

Sebagian besar yang datang diakui memang dari kalangan komunitas. Mereka juga sudah memgetahui kondisi petani cabai saat ini. Sehingga, terkadang mereka memberikan uang lebih untuk pembelian cabai tersebut.

“Harganya kan memang mengenaskan. Kalau dipanen, untuk mengembalikan ongkos produksi saja masih kurang. Karena itu kami biarkan saja di ladang, syukur kalau ada yang membeli secara langsung,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...