Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ramai-Ramai Sentil Saipul Jamil

Logo KPI. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Sejumlah selebriti ramai-ramai menyentil hebohnya penyambutan kebebasan Saipul Jamil. Bahkan Saipul Jamil telah kembali beraktifitas seperti diundang menjadi bintang tamu ekslusif di salah satu stasiun televisi dan kembali membuat konten di YouTubenya.

Deddy Corbuzier menyinggung penyambutan itu dengan kalimat sindiran. “Luas biasa, menang medali emas?!,” tulisnya di Instagram Story-nya, Minggu (5/9/2021).

Deddy menuliskan sindiran singkat itu di postingan seorang pengusaha dan juga sahabatnya, Wanda Ponika. Dimana, Wanda mengunggah foto-foto saat Bang Ipul dijemput dengan mobil mewah tanpa penutup, dikalungi bunga. Bang Ipul alias Saipul Jamil tersenyum dan melambai ke publik bak atlet yang baru pulang dengan bawaan medali emas.

Pesohor lainnya yang turut buka suara menanggapi kebebasan Bang Ipul adalah artis Zaskia Adya Mecca. Melalui unggahannya di Instagram Story, dia mengaku tidak habis pikir dengan penyambutan meriah untuk Ipul.

Zaskia pun terheran dengan penyambutan Saipul Jamil. Dia juga bingung mengapa banyak orang tampak menikmati tontonan yang disiarkan media.

“Asli dari kmrn mau komenin ini, gak abis pikir bisa2nya keluar penjara di kalungin bunga?! Dadah2 sumringah?! Lambaikan tangan sana sini macem miss unviverse.. trus bilang gak dendam ama korban yang masukin dia ke penjara?! Ini dunia apa sih?!” tulisnya.

istri Hanung Bramantyo juga mengungkapkan kekesalannya dalam unggahan keduanya.

“Mungkin korban selama dia di penjara sedang berusaha memulihkan hatinya karena luka psikologis sangat tidak mudah hilang. Eh sekarang sliweran di mana-mana, dengan glorifikasi seperti ini,” tulisnya sembari diberi emoticon menangis.

“seolah-olah kaya pahlawan. salah siapa? salah yang ngasih tempat sama beginian. media, stasiun tv, pimred, dll, males ngerinci, pahamlah maksudku,” lanjutnya.

Ada juga komika, Ernest Prakasa. Melalui cuitan di akun Twitternya, Ernest bahkan menuliskan sindiran keras.

“Bau busuk apa yang menyengat ini? Oh, ternyata bangkai dari matinya nurani stasiun TV yang memperlakukan mantan napi pelecehan seksual bagaikan pahlawan,” kicaunya.

Menanggapi derasnya kritikan itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya melayangkan surat imbauan pada seluruh stasiun televisi agar tak merayakan kebebasan Saipul Jamil.

“Kami meminta seluruh lembaga penyiaran televisi untuk tidak melakukan amplifikasi dan glorifikasi (merayakan) tentang pembebasan Saipul Jamil,” kata Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo dalam siaran persnya, Senin (6/9/2021).

KPI berharap seluruh lembaga penyiaran memahami sensitivitas dan etika kepatutan publik terhadap kasus yang telah menimpa Saipul Jamil dan sekaligus tidak membuka kembali trauma yang dialami korban. Dalam surat imbauannya, KPI bahkan menyebut tak hanya berlaku untuk Saipul Jamil namun pada seluruh publik figur yang memiliki masalah hukum.

“Stasiun televisi diharap lebih berhati-hati dalam menayangkan muatan melawan hukum serta bertentangan dengan norma-norma.  Kami berharap lembaga penyiaran lebih mengedepankan atau mengorientasikan unsur edukasi dari informasi yang disampaikan agar hal serupa tidak terulang serta sanksi hukum yang telah dijalani yang bersangkutan tidak dipersepsikan masyarakat sebagai risiko biasa,” ujar Mulyo.

Dalam hal ini, KPI mengedepankan hak publik tanpa menyampingkan hak individu itu sendiri. Sebagaimana diketahui televisi sebagai frekuensi milik publik maka harus memberikan kenyaman bersama.

“Mengedepankan hak individu tapi melukai hak masyarakat tentu tidak patut dilakukan. Saat ini, kami tengah melakukan revisi terhadap P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran) dan sudah pada tahap mendengarkan masukan dari publik dan stakeholder,” katanya menyambung.

Seperti diketahui, Saipul Jamil baru saja bebas usai menjalani hukuman terkait kasus pencabulan anak di bawah umur. Dia melakukan tindakan asusila terhadap seorang laki-laki. Saipul Jamil bebas dari lapas Cipinang, pada Kamis (2/9/2021).

Setelah bebas, Saipul Jamil bahkan langsung safari ke sejumlah stasiun televisi. Mantan suami Dewi Persik ini bahkan disambut antusias. Sambutan kebebasan Saipul Jamil ini langsung banjir kritikan.

Netizen pun sewot karena merasa penyambutan bak ‘pahlawan’ itu tidak memikirkan psikologis korban pelecehan. Warganet pun membuat petisi untuk memboikot Saipul Jamil dari TV. Bahkan Gerakan itu, sudah ditandatangani ratusan ribu lebih.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Dari berbagai sumber

Comments
Loading...