Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satu Per Satu Rumah Sakit di Kudus Tutup Ruang Isolasi Covid-19

Direktur RSI Sunan Kudus dr Ahmad Syaifuddin menunjukkan alat bantu pernapasan bagi pasien Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Kudus kini mulai menutup ruang isolasi untuk menangani pasien Covid-19. Ini dilakukan setelah tidak ada lagi pasien covid yang ditangani, seiring menurunnya kasus corona di Kota Kretek.

Sebelumnya sudah ada dua rumah sakit rujukan Covid-19 yang menutup ruang isolasinya. Yakni RS Asyiyah Kudus, dan beberapa ruang isolasi di RSUD Loekmono Hadi Kudus.

Yang terbaru yakni RSI Sunan Kudus juga menutup ruang isolasi, lantaran sudah tidak adanya pasien Covid-19 di rumah sakit ini.

Direktur RSI Sunan Kudus dr Ahmad Syaifuddin mengatakan jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19 di RSI Sunan awalnya ada 36 unit. Namun, sejak Minggu (5/9/2021) kemarin siang sudah nol pasien Covid-19.

“Tapi tetap kami siagakan untuk pasien Covid-19 untuk jaga-jaga. Tetapi harapan kami semoga tidak ada. Sedangkan tujuh ruangan kami gunakan untuk rawat inap umum,” katanya, Senin (6/9/2021).

Ia menyebut, dengan adanya nol kasus di RSI Sunan Kudus menjadi kabar baik. Meski demikian dia mengimbau masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan (prokes).

“Tren bagus di Kudus yang saat ini sudah di level dua harus tetap dijaga. Jangan sampai lengah lagi,” ungkapnya

Ia mengimbau masyarakat agar tetap melaksanakan 3M. Sementara bagi yang belum divaksin agar mengikuti vaksinasi sebagai upaya pencegahan Covid-19. “Tetap prokes dan yang belum vaksin agar segera ikut vaksinasi,” pungkasnya.

Baca: RSUD Kudus Juga Tutup Enam Ruang Isolasi

RS Asyiyah Kudus juga menyiagakan bed untuk mengantisipasi jika ada pasien Covid, meski sudah menutup ruang isolasinya.

”Kami menyediakan enam tempat tidur isolasi di ruangan yang berbeda dari ruang isolasi sebelumnya,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 RS Aisyiyah Kudus dr Agus Prastyo, Kamis (26/8/2021) lalu.

Baca: Nol Pasien Covid-19, RS Aisyiyah Kudus Tutup Ruang Isolasi

Sementara di RSUD Kudus menutup enam ruang isolasinya. Yakni ruang Anggrek satu, Anggrek dua, Dahlia dua, Melati dua, Bougenvile dua dan Bougenvile tiga.

“Sekarang yang masih aktif hanya ruang Dahlia satu dengan kapasitas sebanyak 22 tempat tidur isolasi saja, sebelumnya ada sebanyak 216 tempat tidur,” kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus dokter Wahyu Widjanarko, Jumat (27/8/2021).

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...