Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Lagi 70 Persen, Target Vaksinasi di Karimunjawa Kini Dinaikkan Jadi 100 Persen

Distribusi vaksin Covid-19 dari daratan Jepara menuju Karimunjawa. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Niat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara untuk membuka sektor pariwisata di Kepulauan Karimunjawa semakin besar. Kini, target vaksinasi di sana dinaikkan dari yang sebelumnya hanya 70 persen, kini menjadi 100 persen.

Jumlah penduduk di Karimunjawa tercatat sebanyak 11.063 jiwa. Dari jumlah ini, yang layak vaksin yakni 8.624 orang.

Sebelumnya target vaksinasi dipasang 70 persen dari jumlah warga wajib vaksin, yakni sebanyak 6.036. Kini targetnya dinaikkan menjadi 100 persen.

Tetapi, untuk mewujudkan niat itu, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara menghadapi tantanggan tak mudah. Tantangan utamanya yakni tenaga kesehatan (nakes) harus menempuh jalur laut sekitar dua jam untuk menuju pulau di luar Pulau Karimun Besar.

Seperti diketahui, warga di kepualuan Karimunjawa tersebar di lima pulau. Yaitu Pulau Karimun, Kemujan, Parang, Nyamuk, dan Genting.

Setidaknya butuh waktu dua jam dengan menaiki kapal nelayan dari Pulau Karimun menuju Pulau Nyamuk, Parang, dan Genting. Sementara, dari Pulau Karimun Besar menuju Pulau Kemujan butuh waktu 45 menit perjalanan darat.

Selain itu, jika stok vaksin habis, mau tidak mau harus mengambil ke daratan Jepara. Persoalannya, tidak setiap hari kapal penyeberangan bisa melaju ke Karimunjawa.

Kepala Puskesmas Karimunjawa, Suhadi, mengatakan hari ini dia sendiri yang membawa vaksin Covid-19 dari Jepara ke Karimunjawa untuk masyarakat. Vaksin covid-19 Sinovac yang dia bawa kali ini sebanyak 4.000 dosis.

“Tadi mengambil dari kantor (DKK, red). Kemudian dikawal petugas (kepolisian, red) sampai sini (Dermaga Kartini),” ujar Suhadi ditemui di Dermaga Kartini sebelum berlayar ke Karimunjawa, Senin (6/9/2021.

Baca: Mau Piknik ke Karimunjawa? Ini Syarat yang Harus Kamu Bawa

Vaksin covid-19 Sinovac yang dibawa Suhadi disimpan di dalam kotak rantai pendingin. Kotak rantai pending yang dikemas di dalam kardus berwarna putih berukuran 1 x 1 meter itu berisi 2.000 vial dosis.

Di dalam kapal, kotak rantai pendingin vaksin ditempatkan terpisah dengan barang penumpang.

“Di kapal di tempatkan di bagian tengah. Tadi petugas bantu sampai menaikan ke atas kapal. Rantai dingin kami jamin, kalau guncangan mudah-mudahan aman. Semoga ombak landai,” ujar Suhadi.

Seperti diketahui, butuh waktu lebih dari jam berlayar dari Jepara ke kepulauan Karimunjawa dengan kapal cepat. Sementara, bila menggunakan kapal motor penumpang (KMP) dibutuhkan waktu hingga lima jam.

Baca: Wisatawan Mengeluh, Kapan Penerbangan Karimunjawa Dibuka Lagi?

Waktu pelayaran juga sangat dipengaruhi kondisi gelombang. Jika kondisi gelombang tinggi, waktu pelayaran bisa lebih lama.

Sebelum kapal meninggalkan Dermaga Kartini, Suhadi, berkoordinasi dengan petugas Pelabuahan Karimunjawa dan Kepolisian Sektor Karimunjawa. Koordinasi lewat sambungan seluler itu dilakukan agar setibanya di Karimunjawa, vaksin langsung mendapat pengawalan petugas keamanan menuju Puskesmas Karimunjawa.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...