Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polisi ‘Serbu’ Lapangan, Brasil Vs Argentina Ditunda

Serbuan polisi dan petugas kesehatan Brasil menimbulkan ‘chaos’ pada pertandingan Brasil Vs Argentina. (Tangkapan Layar TV)

MURIANEWS, Sao Paulo- Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Conmebol antara Brasil Vs Argentina ditunda oleh FIFA. Penudaan ini terjadi setelah ‘serbuan’ Polisi Brasil ke tengah lapangan, untuk menangkap beberapa pemain Argentina yang bertanding Senin (6/9/2021) dinihari WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Neo Qimica Arena, Sao Paulo, sebelum sempat bergulir sekitar 9 menit. Namun setelah itu, ‘serbuan’ polisi Brasil membuat para pemain Argentina tidak kembali lagi ke lapangan. FIFA pada perkembangan paling akhir menyatakan pertandingan ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Petugas dari Badan kesehatan Brasil (Anvisa) dan petugas Kepolisian Brasil pada saat itu memang sudah berada di pinggir lapangan. Mereka diketahui tengah mengidentifikasi tiga pemai Argentina yang sedang bertanding dan satu yang duduk di bangku cadangan.

Tiga pemain itu adalah Giovani Lo Celso, Emi Martinez, Cristian Romero yang ada di tengah lapangan dan Emi Buendia yang berada di bangku cadangan. Para pemain ini dianggap telah memasuki Brasil dengan cara ilegal.

Mereka merupakan pemain internasional Argentina yang bermain di klub Liga Inggris. Pihak berwenang Brasil menuduh mereka telah melakukan pemalsuan dokumen untuk memasuki Brasil. Sesuai dengan aturan di Brasil terkait masalah penanganan pandemic covid-19, mereka seharusnya menjalani karantina 14 hari atau dideportasi.

Brasil menerapkan aturan untuk semua orang yang datang dari Inggris harus menjalani 14 hari karantina berkait covid-19. Jika tidak bersedia maka mereka harus dideportasi keluar dari Brasil. Namun empat pemain Argentina, nekad masuk ke Brasil dan bahkan bertanding melawan tim Brasil.

Setelah satu jam terhenti, pertandingan Brasil Vs Argentina yang masih dalam posisi imbang 0-0 Conmebol (Badan Sepak Bola Amerika Selatan) akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi. Mereka menyatakan akan memberikan laporan ke FIFA, dan menunggu perkembangan selanjutnya.

”Wasit dan komisaris pertandingan akan menyerahkan laporan kepada Komite Disiplin FIFA, yang akan menentukan langkah-langkah yang harus diikuti. Prosedur ini secara ketat mematuhi peraturan saat ini,” demikian pernyataan resmi Conmebol.

“Kualifikasi Piala Dunia adalah kompetisi FIFA. Semua keputusan mengenai organisasi dan pengembangannya adalah kekuasaan eksklusif lembaga itu,” tambah Conmebol dalam peryataan resminya.

Menyusul ‘ditangkapnya’ empat pemain yang bermain di Liga Inggris, Tim Argentina memutuskan untuk kembali ke ruang ganti. Selanjutnya upaya-upaya negosiasi dilakukan oleh beberapa pihak. Namun tidak ada hasil siginifikan yang bisa membuat Tim Argentina kembali ke lapangan.

Beberapa jam selanjutnya, FIFA yang telah menerima laporan dari Conmebol menyatakan, pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Brasil Vs Argentina ditunda. Meski demikian FIFA belum menyebutkan secara rinci bagaimana nasip pertandingan ini selanjutnya.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Daily Mail

Comments
Loading...