Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tito Ke Papua, Putusan Pemilu 2024 Ditunda

Ilustrasi: Para pekerja sedang mengangkat kotak suara pilpres dan pileg. (MuriaNewsCom/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Jakarta – DPR RI terpaksa menunda putusan soal tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024. Penyebabnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berhalangan hadir dalam rapat itu.

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan ihwal absennya Tito. Menurutnya, mantan Kapolri itu tak hadir karena mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo untuk terbang ke Papua. Di rapat itu pun, Tito sebenarnya sudah mengutus Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Suhajar Diantoro.

“Karena Mendagri tidak bisa hadir secara langsung, maka kita akan bahas atau kita ambil keputusan nanti di tanggal 16 September. Kita akan gelar rapat lagi,” kata Doli dalam rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip dari CNN Indonesia, Senin (6/9).

Meski begitu, pihaknya tidak serta-merta membatalkan jalannya rapat. DPR tetap mempersilakan KPU, Bawaslu dan DKPP untuk menyampaikan rancangan penyelenggaraan pemilu dan pilkada 2024. Sejumlah anggota Komisi II DPR juga diberi kesempatan menanggapi pemaparan penyelenggara pemilu. Rapat pun ditutup setelah hanya berjalan dua jam.

“Rapat ini saya skors, akan kita lanjutkan tanggal 16 untuk membahas, memperdalam lagi, dan mengambil keputusan,” ujar Doli sembari mengetuk palu sidang.

Sebelumnya, Tim Kerja Bersama yang terdiri dari KPU, pemerintah, dan DPR bersepakat pemilu dan pilkada serentak tetap digelar pada 2024. Pemilu akan dilaksanakan pada 21 Februari, sedangkan pilkada pada 27 November.

Keputusan itu belum resmi karena baru sebatas persetujuan rapat Tim Kerja Bersama. Pengesahan keputusan harus melalui persetujuan antara DPR dengan pemerintah dalam rapat kerja.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...