Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Info, di PMI Kudus Masih Ada Stok Plasma Konvalesen

Ilustrasi. (Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus meninformasikan kini telah memiliki stok plasma darah konvalesen. Plasma ini bisa digunakan untuk terapi penyembuhan pasien Covid-19.

Hingga Senin (6/9/2021) pagi total ada tujuh kantong stok plasma darah konvalesen dari berbagai jenis golongan darah.

Humas Humas UDD PMI Kudus Praptiningsih merincikan, stok plasma darah konvalesen golongan A memiliki jumlah cukup banyak, yakni empat kantong.

Kemudian plasma darah konvalesen golongan O ada dua kantong. Selain itu, ada juga stok plasma darah konvalesen golongan B satu kantong.

Alhamdulillah sekarang sudah ada stok plasma darah konvalesen, untuk plasma darah golongan AB masih belum ada. Tapi sekarang yang butuh (plasma darah konvalesen, red) sudah sangat jarang,” katanya.

Diketahui, UDD PMI Kudus juga telah mulai melayani donor darah konvalesen semenjak akhir Juli 2021 lalu. Hanya saja, pengambilan darahnya masih menggunakan cara konvensional.

Sementara untuk stok darah reguler yang tersedia di UDD PMI Kudus saat ini ada seratusan kantong.  Dengan rincian, stok golongan darah A sebanyak 49 kantong, golongan darah O sebanyak 88 kantong, stok golongan darah B 55 kantong dan stok golongan darah AB dua kantong.

UDD PMI Kudus juga telah melakukan pelayanan donor darah jemput bola. Hari ini pelayanan donor darah akan dilakukan di Jalan Sunan Kudus tepatnya di depan Toko Roti Hikmah.

“Kami juga masih melayani donor darah di kantor mulai jam 07.00-21.00 WIB,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...