Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tujuh Desa di Kudus Bakal Gelar Pilkades Serentak Awal Tahun Depan

Salah seorang penyandang disabilitas memasukkan surat suara usai menggunakan hak pilihnya. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus tengah menyiapkan skema pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di tujuh desa di Kudus awal tahun depan.

Tujuh desa yang nantinya mengikuti Pilkades serentak, adalah Desa Hadiwarno, Mejobo, Kaliputu, Loram Kulon, Ternadi, Langgar Dalem, dan Undaan Lor.

Dinas PMD sendiri, kini mulai menghitung anggaran hingga skema pencoblosan. Mengingat saat ini tengah dalam masa pandemi Covid-19 yang cukup riskan bila terjadi kerumunan saat pencoblosan.

“Persiapannya sudah dilakukan dari sekarang, saat ini dilakukan penghitungan anggaran yang mungkin tak sebesar anggaran sebelumnya,” kaya Kepala Dinas Pemberdyaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono, Senin (6/9/2021).

Sumber angarannya, kata dia, berasal dari APBDes nya masing-masing. Selain itu, juga aka nada bantuan keuangan dari APBD.

Sementara terkait pelaksanaannya, harus ada izin Kepala Satgas Penanganan Covid-19. Mengingat masih mewabahnya virus Covid-19 di Kudus. Pelaksanaannya juga harus mengikuti protokol kesehatan.

“Kami memiliki wacana tempat pemilihannya disebar di tiap-tiap rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW) guna menghindari kerumunan,” jelas dia.

Baca: Empat Desa di Kudus Ini Akan Gelar Pilkades PAW Oktober Mendatang

Selain tujuh desa yang bakal menggelar Pilkades di awal 2022 mendatang, empat desa di Kabupaten Kudus segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pergantian antarwaktu (PAW). Jika sesuai dengan jadwal, Pilkades PAW akan digelar pada Oktober mendatang.

Keempat desa yang bakal menggelar Pilkades PAW sendiri adalah Desa Kauman Kecamatan Kota, Desa Jekulo Kecamatan Jekulo, Desa Jati Kulon Kecamatan Jati, dan Desa Cendono Kecamatan Dawe.

“Sesuai rencana memang dilaksanakan Oktober mendatang, namun akan disesuaikan pula dengan kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...