Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sempat Bikin Geger, Terowongan Kuno di Klaten Ternyata Saluran Irigasi Buatan Belanda

Terowongan kuno yang ditemukan di Klaten ternyata saluran irigasi buatan Belanda. (Detik.com)

MURIANEWS, Klaten – Teka-teki temuan terowongan kuno yang sempat membuat geger warga di Dusun Samber, Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten akhirnya terjawab. Terowongan yang berpendam 1,5 meter di dalam tanah itu dipastikan terowongan irigasi yang dibangun pada zaman Belanda pada 1930.

Pernyataan tersebut disampaikan Analis Cagar Budaya dan Museum Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Avi Elsatyawira, Sabtu (4/9/2021).

“Terowongan itu saluran air yang sudah tidak digunakan lagi. Dibangun tahun 1930 untuk pengairan,” jelasnya seperti dilansir dari Detik.com, Minggu (5/9/2021).

Selain terowongan, tim dari Pemkab Klaten juga menemukan bekas pagar tembok. “Sedang yang di pinggir jalan itu pagar dan di atasnya saluran air juga. Tapi sudah tidak berfungsi dibangun tahun 1967,” papar Avi.

Pamong Budaya Madya BPCB Jateng Deni Wahju Hidajat, juga menyebut terowongan itu saluran air. Sebab jika dilihat dari lokasi penemuannya ada di daerah pertanian.

“Sekilas itu saluran irigasi. Karena daerah Trucuk itu termasuk daerah pertanian tembakau atau tebu. Belanda biasanya membangun infrastruktur yang mendukung produktifitasnya,” terang Deni.

Deni menambahkan terowongan kuno serupa sebelumnya ditemukan di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Namun dia menyebut saluran air itu dibangun untuk kepentingan pabrik gula.

Sebelumnya, terowongan kuno di Trucuk, Klaten itu ditemukan oleh warga saat menggali tanah untuk membuat kolam pemancingan.

Sementara terowongan kuno lainya sebelumnya ditemukan warga pada November 2019 di kawasan Cokro, Tulung, Klaten.  Terowongan itu diduga merupakan terowongan De Suiker Fabriek Tjokro Toelong alias terowongan Pabrik Gula (PG) Tjokro Toeloeng di zaman Belanda.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...