Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mau Merasakan Bus Sultan Jepara-Jakarta Ini? Siapkan Uang Segini

Bus rebahan tipe sultan dream coach milik PO Shantika. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah perusahaan otobus (PO) kini memiliki armada kelas sultan untuk memanjakan penumpangnya. Salah satunya adalah sleeper bus, di mana bus ini mempunyai fasilitas layaknya hotel berbintang.

Di wilayah eks-Karesidenan Pati, salah satu yang mengoperasikan bus in yakni PO Santika. Perusahaan ini mempunyai dua armada bus yang diberi nama bus rebahan tipe sultan dream coach tersebut.

Bus ini mengambil trayek jurusan Jepara-Jakarta. Tiap unit bus ini harganya sekitar Rp 2,5 miliar dengan menggendong mesin Mercedes-Benz OH 1626. Desain bus ini didgarap oleh Karoseri Adi Putro.

Menurut Manajer Operasional PO Shantika, Hartotok Priyo Wiyono, pihaknya menjadi pembeli pertama bus tipe sultan itu.

“Bus ini punya 22 seat. Sebelas seat di atas dan sebelas seat di bawah. Supaya penumpang lebih puas. Karena naik bus bisa sambil rebahan. Sehingga sampai tujuan tidak capek,” katanya, Sabtu (4/9/2021).

Fasilitas bus rebahan tipe sultan dream coach milik PO Shantika. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Untuk menumpang bus ini tarif yang dibebankan ke penumpang sebesar Rp 280 ribu. Dengan tarif ini, penumpang bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalam bus ini.

Baca: Intip Bus Super Executif PO Shantika yang Bikin Penumpang Otomatis Jaga Jarak

Pengamatan MURIANEWS, kondisi di dalam bus nyaman dan bersih. Tiap-tiap seat memiliki panjang dua meter, seukuran orang dewasa. Di situ juga dilengkapi selimut dan televisi.

Selain dilengkapi fitur televisi di tiap-tiap seat rebahan, fasilitas lainnya juga terdapat di seat tersebut. Seperti bantal, selimut, WiFi, charging ponsel, lampu baca, tirai, dan seat yang dilengkapi fitur pijat refleksi. Selain itu juga disediakan toilet dan smoking area di dekat sopir bus.

“Penumpang juga tidak perlu khawatir keblabasan karena ketiduran. Karena sopir maupun kondektur sudah mendata lokasi tujuan penumpang,” terangnya.

Menurut Priyo, bus rebahan ini merupakan satu-satunya di kawasan Muria Raya. Dia berharap adanya bus sultan ini dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang. Sehingga penumpang bisa menjadi pelanggan tetap PO Shantika.

“Ibaratnya memuliakan penumpang. Supaya bisa menjadi pelanggan tetap kami,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...