Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lontong Rendang Perpaduan Rasa Khas Pati dan Padang Ini Bikin Ngiler

Pengunjung nampak menunjukkan kuliner lontong balungan. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bagi masyarakat Pati, menikmati kuliner lontong bukan lagi hal yang begitu istimewa. Selain sudah banyak yang menjual, lontong sangat mudah untuk didapatkan.

Lalu bagaimana jika kuliner itu dipadukan dengan kuliner kas Padang? Sudah pasti membuat pecinta kuliner penasaran. Perpaduan itu adalah lontong dengan rendang, balungan dan kikil.

Adalah Safruddin, warga Padang yang lama menetap di Bumi Mina Tani yang membuatnya. Ia mencoba memadukan dua kuliner beda daerah itu agar menemukan rasa yang istimewa. Hasilnya pun sangat memuaskan.

Ide memadukan dua kuliner khas itu lantaran di Pati belum ada yang serupa. Kalau pun ada hanya khusus penjual nasi padang atau lontong untuk Pati. Tetapi yang memadukan keduanya ini dipastikan hampir tidak ada.

“Pecinta kuliner, terkadang tidak hanya melihat dari masakan daerah yang disajikan, tetapi juga ingin mengetahui hal yang unik dari masakan tersebut. Nah, saya menyajikan keunikan itu dengan perpaduan dua makanan ini,” katanya, Sabtu (4/9/2021).

Lontong balungan dengan citarasa Pati dan Padang. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Pemilik warung yang berada di Jalan Soponyono sebelah barat Pasar Yaik Pati itu menyampaikan, yang biasa disajikan dalam perpaduan kuliner ini adalah lontong balungan, lontong kikil dan lontong rendang.

Khusus untuk lontong rendang, memang ada tambahan mi sesuai dengan rendang masakan khas Padang. Sementara campurannya adalah lontong dan rendang daging sapi.

Baca: Jangan Kaget, Kopi Angkringan di Pati Ini Kelas Kafe Tapi Harganya Cocok di Kantong

Sementara untuk lontong balungan disajikan dengan kuah yang cukup banyak. Sebab, para pecinta balungan biasanya memang menyesap balungan yang dicampur dengan kuah khusus tersebut.

“Ya, kami memang mencoba perpaduan ini, tetapi banyak juga yang senang dan menikmati. Kalau kata pembeli sih, enak,” jelasnya.

Untuk harganya sendiri terbilang cukup terjangkau. Untuk satu porsi lontong rendang dibanderol hanya Rp 15 ribu. Begitu juga dengan lontong kikil dan lontong balungan.

Salah seorang penikmat kuliner Dini Listia Handayani mengaku sangat puas dengan masakan yang disajikan. Apalagi bumbu rempah-rempahnya sangat khas Pati dan Padang.

“Kalau perpaduan masakan Pati-Padang, ini sangat cocok. Karena bumbu rempah rempahnya sangat kelihatan. Ketika dimakan, khas Pati dan Padangnya itu kelihatan, serasa memakan dua kuliner sekaligus, lah,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...