Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gelandang Inggris ‘Minum Bir’ di Tengah Lapangan

Gelandang Inggris Declan Rice ‘minum bir’ di tengah lapangan, saat Inggris menghantam Hungaria 4-0. (Facebook/FA)

MURIANEWS, London- Aksi pendukung Hungaria yang melakukan tindakan pelecehan rasial masih terus menjadi pembicaraan. Kejadian yang berlangsung saat Hungaria bertemu Inggris di Budapest di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, menjadi perhatian banyak pihak.

Salah satu adegan yang menjadi sorotan adalah saat para pemain Inggris merayakan gol Raheem Sterling. Mereka ‘dihadiahi’ hujan lemparan gelas bir. Meski terbuat dari plastik, gelas yang dilemparkan jelas menjadi pemandangan ‘brutal’ di sepak bola Eropa.

Respon pemain Inggris-pun akhirnya bermunculan di media. Namun ada salah satu respon menarik yang dilakukan langsung oleh pemain Inggris. Gelandang Declan Rice, dalam kejadian itu terlihat memberikan respon menohok untuk pendukung Hungaria.

Pemain yang ikut berselebrasi atas gol Raheem Sterling ini langsung mengambil gelas plastic yang dilemparkan pada mereka. Lalu, dengan berpura-pura Rice terlihat meminumnya, sebelum kemudian membantingnya ke tanah.

Aksi Declan Rice jelas menjadi sebuah ‘respon’ reaktif yang pasti membuat para pendukung Hungaria semakin ‘panas’. Bisa jadi hal ini dilakukanya setelah terinspirasi aksi Dani Alves saat dilempar pisang di pertandingan La Liga Spanyol.

Saat itu, Alves yang tengah berada di sudut lapangan untuk melakukan tendangan sudut dilempar pisang oleh pendukung lawannya. Bukannya marah atau emosi, Alves malah justru mengambil pisang itu dan memakannya.

Aksi Rasialis di Budapest sendiri akhirnya berkembang menjadi issu besar yang melibatkan pemerintahan dari kedua negara. PM Inggris Boris Johnson bahkan mencela tindakan itu. Boris Johson bahkan ikut mendesak agar FIFA mengambil tindakan.

“Benar-benar tidak dapat diterima bahwa pemain Inggris dilecehkan secara rasial di Hungaria tadi malam. Saya mendesak FIFA untuk mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perilaku tercela semacam ini diberantas dari permainan untuk selamanya,” tegas Boris Johnson.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Hungaria, Peter Szijaarto juga tidak mau diam atas kecaman yang diarahkan pada negaranya. Politisi ini lantas mencoba memberikan serangan balik, untuk memberi pembelaan pada pendukung Hungaria.

“Para pemain Inggris mengeluh tentang ‘atmosfer permusuhan di Budapest. Tembakan berikutnya diambil di Wembley sebelum final EC [Euros]. Lagu kebangsaan Italia hampir tidak terdengar di tengah peluit konser penggemar Inggris. Apakah mereka juga menyatakan hal yang sama?,” ujarnya mencoba membela Hungaria.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: The Sun

Comments
Loading...