Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sterling Dilempar Gelas Bir FIFA Lakukan Penyelidikan

Raheem Sterling dilempar gelas bir, usai mencetak gol di Hungaria. (Facebook/FA)

MURIANEWS, London- Otoritas sepakbola internasional FIFA akhirnya menyatakan akan menindaklajuti kasus rasialis yang terjadi di Budapest. Kejadian itu berlangsung saat tim Inggris bermain melawan tuan rumah Hungaria di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup I.

Perlakuan rasialis terjadi di pertandingan yang berkesudahan 4-0 untuk Inggris ini. Sejumlah pemain Inggris mendapatkan perlakuan ini oleh para pendukung Hungaria. Kasus ini sempat viral setelah sejumlah pemain Inggris mengeluhkannya.

Tim Inggris juga dicemooh ketika mereka berlutut sebelum kick-off. Sedangkan dalam pertandingan juga muncul pelemparan gelas bir dan flare ke arah pemain Inggris. Hal ini terjadi saat Raheem Sterling merayakan golnya.

Dari Zurich, FIFA akhirnya menyampaikan pernyataan untuk menyelidiki kasus ini. Hal ini dilakukan setelah mempelajari analisi laporan pertandingan, dan laporan resmi yang disampaikan oleh FA Inggris.

“Menyusul analisis laporan pertandingan, FIFA telah membuka proses disipliner terkait insiden tadi malam di pertandingan Hungaria-Inggris. Sekali lagi, FIFA ingin menyatakan bahwa posisi kami tetap teguh dan tegas dalam menolak segala bentuk rasisme dan kekerasan serta segala bentuk diskriminasi atau pelecehan lainnya,” demikian pernyataan resmi FIFA.

“Kami memiliki sikap toleransi nol yang sangat jelas terhadap perilaku menjijikkan seperti itu dalam sepak bola,” demikian penegasan FIFA.

Kejadian di Hungaria juga membuat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson ikut memberikan komentar. Sebelumnya, pelatih Tim Nasional Inggris, Gareth Southgate juga menyampaikan kecaman atas kejadian itu.

“Benar-benar tidak dapat diterima bahwa pemain Inggris dilecehkan secara rasial di Hungaria tadi malam. Saya mendesak FIFA untuk mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perilaku tercela semacam ini diberantas dari permainan untuk selamanya,” tegas Boris Johnson.

“Itu tidak dapat diterima. Kami telah mengambil sikap kami, mengambil lutut, hal yang benar, saya tidak berpikir kelompok pemain yang kami miliki bisa melakukan sesuatu yang lebih untuk tujuan itu,” begitu ‘teriakan’ marah yang disampaikan Southgate.

Dari Budapest, Menteri Luar Negeri Hungaria, Peter Sziijarto memberikan pembelaan, bahwa kejadian di Hungaria sebanding dengan yang terjadi di Final Euro 2020 di Webley.
Sziijarto menganggap adegan memalukan dari penggemar Hungaria mirip dengan pendukung Inggris yang mencemooh lagu kebangsaan Italia.

“Para pemain Inggris mengeluh tentang ‘atmosfer permusuhan di Budapest. Tembakan berikutnya diambil di Wembley sebelum final EC [Euros]. Lagu kebangsaan Italia hampir tidak terdengar di tengah peluit konser penggemar Inggris. Apakah mereka juga menyatakan hal yang sama?,” ujarnya mencoba membela Hungaria.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: The Sun

Comments
Loading...