Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Empat Desa di Kudus Ini Akan Gelar Pilkades PAW Oktober Mendatang

Ilustrasi Pilkades

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak empat desa di Kabupaten Kudus segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pergantian antarwaktu (PAW), untuk menggantikan kades yang berhalangan. Jika sesuai dengan jadwal, Pilkades PAW akan digelar pada Oktober 2021 mendatang.

Keempat desa yang bakal menggelar Pilkades PAW sendiri adalah Desa Kauman di Kecamatan Kota, Desa Jekulo di Kecamatan Jekulo, Desa Jati Kulon di Kecamatan Jati, dan Desa Cendono di Kecamatan Dawe.

“Sesuai rencana memang dilaksanakan Oktober mendatang, namun akan disesuaikan pula dengan kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kudus,” kata Kepala Dinas Pemberdyaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono, Sabtu (4/9/2021).

Adi menuturkan, ketika nanti hal yang tidak diinginkan terjadi, dalam artian terjadi lonjakan kasud Covid-19 maka akan diundur hingga situasi terkendali. Namun ketika situasi melandai, maka Pilkades PAW tetap akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

“Tentunya pelaksanaannya akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Ketika nanti jadi dilaksanakan Oktober, maka pelantikannya dilakukan pada Desember,” ujarnya.

Baca: Bayar Utang Pilkades, Kades Bendo Klaten Gelapkan Mobil dan Gadaikan Sertifikat Tanah Kas Desa

Walau demikian, Dinas PMD sendiri telah mengusulkan penyelenggaraan PAW kepada bupati Kudus. Ketika sudah mendapat persetujuan pelaksanaanya bisa segera dilaksanakan.

“Kami sudah mengusulkan, produk hukum atas penyelenggaraan PAW sudah ada,” jelasnya.

Ketika nanti telah disetujui, pihaknya berharap desa penyelenggara bisa tetap menerapakan protokol kesehatan.

“Karena jumlah pemilihnya ada 200 orang pemilih tiap desa, maka kami harapkan panitia bisa menerapkan dan menegakkan semua protokol kesehatan yang ada,” jelasnya.

Calon dalam Pilkades PAW sendiri akan dipilih lewat tokoh agama, tokoh masyrakat, tokoh pendidikan, pemuda, dan perempuan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...