Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wisatawan Mengeluh, Kapan Penerbangan Karimunjawa Dibuka Lagi?

Mantan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi turun dari pesawat di Bandara Dewadaru Karimunjawa, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS.com)

MURIANEWS, Jepara – Meski wisata di Jepara sudah resmi dibuka, pintu masuk ke Kepulauan Karimunjawa masih hanya satu pintu dari Pelabuhan Kartini Jepara. Sedangkan, jalur masuk melalui jalur penerbangan hingga kini belum ada kejelasan kapan dibuka.

Airlangga, salah satu penumpang kapal cepat asal Bali, mengaku kerepotan ketika ingin masuk ke Karimunjawa. Pasalnya, ia mesti terbang ke Jakarta, kemudian ke Semarang.

Dari Semarang ia harus melanjutkan perjalanan darat ke Jepara, baru bisa menyeberang ke Karimunjawa.

“Susah memang. Saya mesti terbang ke sana ke mari. Menghabiskan waktu cukup lama. Repot jadinya. Padahal kalau lewat jalur penerbangan bisa jauh lebih mudah dan cepat,” kata Airlangga saat ingin menyeberang ke Karimunjawa, Jumat (3/9/2021) kemarin.

Padahal, wisatawan yang masuk ke pulau terindah di Jepara itu sudah banyak. Kapal penyeberangan pun selalu penuh meski pemerintah masih membatasi kapasitasnya hanya 50 persen.

Baca: Mau Piknik ke Karimunjawa? Ini Syarat yang Harus Kamu Bawa

Terpisah, Reni, salah satu petugas di Bandara Dewadaru Karimunjawa, menyebut bandara sudah siap jika jalur penerbangan dibuka lagi. Memang, sejak pandemi Covid-19 menyerang, jalur penerbangan menuju Bandara Dewadaru ditutup total.

“Untuk saat ini belum ada pesawat yang  schedule maupun unschedule. Tapi bandara tetap ready apabila ke depannya ada pesawat lagi,” kata Reni, Sabtu (4/9/2021).

Ia menyampaikan, ketika musim liburan, penumpang pesawat selalu penuh. Namun, sampai saat ini pihaknya belum menerima kabar jalur penerbangan akan dibuka lagi.

Baca: Penyeberangan Pertama Tujuan Karimunjawa Penuh Wisatawan

Untuk jadwal penerbangan, ada dua pesawat reguler yang masuk. Yakni maskapai penerbangan Wings Air dan Pesawat ATR72. Dengan rute penerbangan Semarang-Karimunjawa-Semarang.

Sedangkan, untuk penerbangan perintis ada maskapai Airfast dengan pesawat twit otter. Dengan rute Surabaya-Karimunjawa-Surabaya.

“Kalau dari bandara Semarang jadwalnya Senin, Jumat dan Minggu pulang pergi. Sedangkan yang dari Surabaya hanya di hari Kamis pulang pergi,” jelas Reni.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...