Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Masjid Agung Pati Direnovasi, Begini Penampakan Desainnya

Pekerja tengah merenovasi atap Masjid Agung Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Masjid Agung Baitunnur Pati saat ini tengah direnovasi. Renovasi tersebut untuk pembuatan kubah dan peremajaan atap masjid.

Kabid Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati Arief Wahyudi mengatakan, renovasi itu sudah dianggarkan dalam APBD Pati 2021. Karena, kubah Masjid Agung Baitunnur ini memang butuh pembaharuan.

Untuk desain kubah atau arsitekturnya dikerjakan oleh Ar Fauzan A.T Noe’man. Dia adalah putra Noe’man yang sebelumnya merancang Masjid Agung Baitunnur Pati pada 1979 lalu. Sehingga, nantinya diharapkan dapat menyesuaikan kultur yang ada di Pati.

Dalam desain yang baru atap Masjid Agung Pati ini akan dirombak total. Bentuknya lebih cantik dengan detil-detil yang menarik.

Desain kubah Masjid Agung Baitunnur Pati yang baru. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Renovasi kubah masjid tersebut diakui memang berdasarkan masukan dari berbagai pihak, termasuk juga masyarakat umum. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pun juga mewacanakan demikian. Bahkan wacana tersebut sudah bergulir sejak 2018 lalu.

“Banyak keinginan dari beberapa pihak termasuk Pemda dan masyarakat menginginkan agar tampilan masjid lebuh terlihat dari adanya kubah di atasnya,” tuturnya.

Baca: Segini Dana untuk Renovasi Atap dan Bangun Kubah Masjid Agung Pati

Ia meyakini pembangunan kubah ini tidak mengubah bentuk masjid secara total. Atapnya masih sama dengan adanya penambahan kubah di tengah-tengah. Diameter kubah sendiri dirancang 18 meter.

“Untuk pembangunan di tahun  2021 ini hanya penambahan kubah dan penggantian atap GRC lama. Desain kubah menyesuaikan dengan bentuk lengkungan roster existing masjid Baitunnur sehingga memiliki satu kesatuan dengan bangunan masjid,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...