Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Akan Gelar Swab Acak di Fasilitas Umum

Satgas Gabungan Covid-19 saat melaksanakan swab antigen acak di salah satu pusat perbelanjaan di Kudus, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera menjalankan testing secara acak di sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Kudus. Mengingat Kabupaten Kudus sendiri memiliki target untuk testing dan tracing Covid-19.

“Nanti (swab tes, red) secara acak saja, di faslitias umum bisa, tempat wisata bisa, laporan masyarakat juga bisa, tetap akan kami jalankan,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Jumat (3/9/2021).

Bupati pun mengklaim jika Pemkab sampai saat ini pun  terus melaksanakan testing. Namun beruntungnya, jumlah spesimen yang dites kebanyakan memiliki hasil negatif Covid-19.

“Kalau testingnya negatif semua kan tracingnya nol juga, ini juga patut disyukuri sebenarnya,” kata Hartopo.

Satgas Covid-19 di Kabupaten Kudus sendiri, saat ini bisa melakukan testing sekitar ratusan spesimen per harinya. “Bisa sampai 200 orang , tapi ya memang itu tadi hasilnya banyak negatifnya, tapi bagus seperti ini, tidak apa-apa,” ujar dia.

Sementara data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, jumlah pasien aktif pun kini berada di angka 24 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat tiga pasien dirawat dan 21 pasien menjalani isolasi mandiri.

Sementara secara keseluruhan, jumlah kasus corona di Kabupaten Kudus kini berada di angka 16.832 orang. Dari jumlah itu, selain ada sebanyak 24 pasien aktif, juga ada sebanyak 15.428 pasien yang sudah sembuh.

Baca: Wisatawan Luar Daerah Wajib Vaksin Jika Ingin Piknik di Kudus

Kemudian untuk jumlah pasien yang meninggal dengan status positif corona kini berada di angka 1.380 orang.

Oleh karena itu pihaknya berharap masyarakat Kabupaten Kudus untuk terus menerapkan protokol kesehatan ketika beraktifitas di luar rumah. Dengan begitu penularan Covid-19 di Kudus bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Mulai dari mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak ketika berada di kerumunan, serta mengurangi mobilita,” tandasnya.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...